Solusi Total Garam Indonesia Kuantitas, Kualitas Dan Kontinuitas

  • Jul 23, 2020
  • lengkong
  • BERITA, POTENSI DESA, PRODUK DESA, LINGKUNGAN, TOKOH MASYARAKAT, KEGIATAN

Lengkong,23 juli 2020.

Desa Lengkong ada kegiatan  pembuatan garam rakyat memggunakan program Inovasi baru yaitu Program Prisma bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati. Prgram ini bantuan tahun 2018 namun sampai sekarang masihh berjalan dengan baik.

Program Prisma ini dilaksanakan pada musim penghujan,  karena musim kemarau dipakai biasa seperti biasa tidak pakai Prisma, pada musim kemarau petani menyimpan air tua setelah musim kemarau selesai baru program prisma dilaksanakan. Air tua yang disimpan antara 24-25 derajat BE.

Strutur Bangunan piramida(prisma)

Tinggi piramida :1/2 lebar alas

Tinggi Penampang air 40 cm

Posisi tanah lebih tinggi

Lapisan penampang Geo-isolator

Program Prisma ini sangat efektif karena program ini diksanakan setelah musim kemarau selesai baru program Prisma ini dilaksanakan, sehingga para petani tak kenal musim baik kekarau maupun penghujan tetap bisa panen menghasilkan garam sesuai yang diinginkan.

Biaya pembuatan prisma satu unit diperkirakan menghabiskan dana 4- 5 juta   [caption id="attachment_1011" align="aligncenter" width="300"] Program Prima[/caption] [caption id="attachment_1014" align="aligncenter" width="300"] Tunnel[/caption] [caption id="attachment_1015" align="aligncenter" width="300"] Panen Garam di dalam Prisma[/caption]