Tim Pokja Relawan Mengikuti Sosialisasi Dan Bintek Pemutakhiran IDM Berbasis SDGs Desa Lengkong Kecamatan Batangan

  • May 01, 2021
  • lengkong

LENGKONG, 1 MEI 2021.    

lengkong-batangan.desa.id- Pada hari Jum'at tanggal 30 April 2021 para Relawan Pokja mengikuti Sosialisasi dan Bintek pemutakhiran IDM berbasis SDGs (Sustainable Development Goals) merupakan role pembangunan  berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

     

Para Relawan Pokja sangat antausias mengikuti bintek  yang dipandu oleh Pendamping Desa. Setelah mengikuti pemaparan dari narasumber mereka langsung mempraktekan menggunakan HP Android mereka sesuai aplikasi yang sudah diberikan oleh Pendamping Desa. Agar dalam pendataan lebih akurat, mereka nanti nya  dor to dor mendatangani rumah ke rumah untuk mencari data yang sebenarnya,  paling tidak mendekati kebenarannya.

       

Hal ini agar data yang dimilik Desa sesuai kondisi yang sebenarnya.  Dalam sambutannya kepala Desa Lengkong bapak Yashadi, Ama. Pd mengatakan bahwa  saya sangat berterima kasih kepada para  relawan pokja  karena sudah merelakan waktunya untuk mengikuti sosialisasi dan bintek yang di selenggaraan oleh Pemerintah Desa Lengkong, hal ini sangat membantu Pemerintah Desa Lengkong karena SDGs ini merupakan program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021 nantinya. Kalau SDGs tidak segera dilaksakan maka menghambat Desa menerima bantuan Dan Desa.

     

Sedangkan Desa sendiri tidak mempunyai dana yang skala besar untuk pembangunan Desa sendiri.  Dalam tujuan  sasaran SDGs Desa sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor 13 tahun 2020 tentang  Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

  Ada 18 tujuan dan sasaran Pembangunan melaui SDGs Desa tersebut yaitu:

1. Desa tanpa kemiskinan,

2. Desa tanpa kelaparan,

3. Desa sehat dan sejahtera,

4. Pendidikan Desa berkuaitas,

5. Desa  berkesejahteraan gender,

6. Desa layak air bersih dan sanitasi,

7. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan,

8. Pekerjaan dan pertumbuhan Ekonomi Desa,

9. Inovasi  dan infrastruktur desa,

10. Desa tanpa kesenjangan,

11. Kawasan  pemukiman Desa berkelanjutan 12. Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, 13. pengendalian dan perubahan  iklim oleh desa, 14. ekosistem laut desa 15. ekosistem daratan desa, 16. Desa damai dan berkeadilan, 17. Kementrian  untuk Pembangunan Desa,

Dengan melihat tujuan dan sasaran SDGs ini para relawan pokja sangat semangat mengikui bintek sebab dengan data yang akurat  yang diperoleh akan   membawa kondisi Desanya menjadi Desa yang  maju  kerkenjutan.

          legimanmuhlis@gmail.com