Tim dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pati melaksanakan pengukuran sungai petani garam untuk di normalisasi

  • Jul 20, 2021
  • lengkong

LENGKONG, 19 JULI 2021.  

lengkong-batangan.desa.id- Pemerintah Desa Lengkong kedatangan Tim dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pati untuk pengukuran saluran tambak garam yang tidak lama akan di normalisasi karena dimusim kemarau seperti ini setiap sungai atau saluran tambak banyak yang dangkal akibat  air pasang yang membawa lumpur akibat ombak yang besar.

[caption id="attachment_4445" align="aligncenter" width="300"] setelah surve lapangan ditentukan hari pengerukan sungai yang akan di normalisasi dengan alat berat[/caption]  

Karena sebagian besar para petani garam adalah buruh tani yang bekerja pada majikan yang punya tambak, sehingga kalau ada saluran dangkal biasanya dibebankan pada yang punya tambak  sehinga mestinya ada koordinasi yang baik antara yang punya tambak dengan pekerja yang mengolah lahannya sehingga sungai yang dangkal segera dapat di atasi tanpa harus memakai alat berat untuk menomalisasi saluran.

 

[caption id="attachment_4442" align="aligncenter" width="300"] Tim DPU setelah mensurve lokasi saluran yang mau di nomalisasi melaporkan kepada Pemerintah Desa Lengkong[/caption]  

Hal ini belum ada kesadaran antara kedua belah pihak sehingga perlu ada pembicaraan antara keduanya. Oleh sebab itu Pemerintah Desa selalu  memberikan arahan kepada petani maupun pengolah lahan agar selalu merawat saluran agar tidak cepat dangkal sebab mereka membuat garam maupun memelihara ikan itupun memerlukan air untuk sangat banyak untuk beraktifitas. Oleh sebab itu air merupakan kebutuhan vital yang dibutuhkan oleh para petani tambak.

          legimanmuhlis@gmail.com