Dinas pekerjaan umum mensurve sungai padak (kali padak) desa lengkong karena akan di normalisasi.

Surve Kali Padak Desa Lengkong Batangan akan di normalisasi

LENGKONG, 11 JANUARI 2022.

 

lengkong-batangan.desa.id- Desa Lengkong yang luas pertanian tambak garam dan ikan ±170 Ha, yang dilalui oleh 8 buah  sungai atau kali yang sebagai saluran air dari laut menuju ke tambak-tambak warga. Dari ke delapan sungai itu  ada sungai atau kali yang sangat dangkal  yang air laut sulit masuk ke tambak-tambak. Oleh sebab itu Pemerintah Desa Lengkong mengajukan permohonan bantuan kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk membantu menormalisasi sungai memakai alat berat, agar kali tersebut aliran air nya dapat mengairi tambak-tambak warga.

Petugas mencoba menghitung panjang, lebar dan tinggi nya supaya dana bantuan dari dinas dapat mencukupi pengerukan

 

Karena pada musim penghujan ini masyarakat banyak yang memelihara ikan dan udang yang sangat membutuhkan air laut yang sangat banyak. Karena pekerjaan ini memerlukan dana atau anggaran yang sangat banyak maka Pemerintah Desa Lengkong mengajukan kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk bantuan pengerukan sungai tersebut.

Petugas mengambil gambar sungai sekaligus mencari titik koordinatnya

 

Karena masyarakat  untuk pekerjaan secara manual tidak memungkinkan, sungai yang panjang dan sangat lebar tidak mungkin dikerjakan oleh tenaga manusia. Oleh karena nantinya pekejaan akan dilaksanakan oleh  Dinas Pekejaan Umum, maka  Petugas PU mensurve lokasi terlebih dahulu agar pada waktu pengiriman alat berat tidak mengalami kesulitan.

Tim mencoba menghitung lebar atas dan lebar bawah serta kedalaman sungai agar dananya mencukupi

 

Masyarakat sangat berharap bantuan pengerukan kali atau sungai dengan menggunakan alat berat, karena para petani keberatan apabila dikerjakan menggunakan tenaga manusia. Disamping pekerjaan memerlukan waktu lama dan tidak bisa dalam hasil pengerukannya kurang baik. Setiap tahun sungai harusna dinormalisasi karena setiap air laut pasang banyak yang membawa lumpur sehingga sungai banyak yang dangkal. Jika dibiarkan terus menerus lumpur menjadi padat dan sulit dikeruk dengan tenaga manusia maka harus menggunakan alat berat.

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan