Kelompok tani berkah alam lestari desa lengkong batangan mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan pakan ikan secara mandiri dengan bahan baku yang diambil dilokasi sekitar nya.

LENGKONG, 2 JANUARI 2022.

 

lengkong-batangan.desa.id-Kelompok  Konsevasi Berkah Alam Lestari Desa Lengkong pada  awal tahun 2022 ini mengawali kegiatan pelatihan pembuatan pakan ikan buatan sendiri, karena, 1 Budidaya ikan intensif memerlukan pakan buatan  dengan kualitas dan kuantitas yang memadai, 2 biaya produksi  budidaya ikan 60-80% untuk pakan, 3. Pakan buatan mahal, 4 permintaan ikan konsumsi terus meningkat, 5 Dibutuhkan pakan alternatif. Pakan ikan buatan pabrik harganya sangat mahal yang hampir tidak terjangkau oleh petani tambak.

Pelatihan diawali penyuluhan dai penyuluh perikanan

Karena berawal dari harga pakan semakin lama semakin tidak terjangkau oleh petani itu, maka kelompok tani berkah alam lestari desa lengkong membuat pakan sendiri dari campuran bahan baku pakan baik nabati maupun hewani serta bahan komersial lainnya dengan memperhatikan kandungan nutrien, sfat, jenis bahan, dan ukuran ikan.

 

 

Penyuluh mengharapkan setiap anggota dapat mengusai Ilmu yang sudah diberkan penyuluh.

Jumlah nutrisi untuk ikan:  protein 20-60%,  lemak 4-18%, Karbohidrat 10-50%, Vitamin 2-5%, Mineral 1-5%. Kandungan protein yang diperluan dalam pakan ikan  bersekisar 20-60% dengan kadar optimum 30-36%. Kadar protein setiap jenis ikan berbeda.

Pencampuran bahan pakan ikan sebelum di kukus dalam dandang pengukukus jadi satu.

 

 Kandungan nutrisi bahan baku bahan Hewani yang dipakai tepung ikan dari ikan rucah yang diperoleh dari nelayan yang sudah tidak laku dijual atau dibuang. Oleh kelompok Berkah Alam Lestari diambil dimanfaatkan kemudian dikeringkan lalu ditepung dengan mesin penepung bantuan dari Dinas dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021. Sedangkan bahan baku Nabati berupa dedak halus sebagai vitamin B , tepung terigu <5%, tepung jagung 10-30%, bungkil kelapa < 10%, tepung tapioka10-15% sebagai binder.

Setelah dikukus diteriskan sebelum dicetak ditabri enzm

 

Memasukkan kemesin pencetak sedikit demi sedikit agar tidak tumpah

 

Setelah dipilih-dipilih bahan  baku yang akan diperlukan antara lain dedak halus, tepung jagung, tepung tapioka, tepung ikan, terkumpul lalu dicampur jadi satu dikukus dalam dandang pengukus setelah dianggap sudah hampir matang di dinginkan. Sebelum ke mesin pencentak, pakan ditambah enzim. Enzim dibuat sendiri dari bahan baku pepaya busuk dan nanas  di blender sarinya ditambah tetes tebu lalu dipermentasi jadilah enzim buatan sendiri yang berfungsi daya rangsang ikan untuk pertumbuhan ikan.

 

Setelah di cetak lalu di masukkan kedalam mesin oven

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan