Petani desa lengkong mulai mengerjakan sawah untuk ditanamami pada musim penghujan

LENGKONG, 25 DESEMBER 2021.

 

 

lengkong-batangan.desa.id– Para petani mengerjakan sawah dan ladang nya untuk memulai menanam padi bersama sama. Sebelumnya mereka memulai dengan membuat bibit padai diladang, setelah agak tumbuh besar dan tinggi baru ditanam disawah yang luas.

Para bapak mencabuti bibit padi untuk dipindah di area yang lebih luas

Hal ini dilakukan oleh petani Desa Lengkong agar padi yang ditanam langsung dapat tumbuh tidak diserang hama tanaman. Kebanyakan petani desa melakukn kegiatan penanaman seperti itu gabah disebar dibedengan, lalu setelah tumbuh tinggi di pindah di area sawah yang luas. Karena Petani Desa Lengkong area sawahnya adalah sawah tadah hujan, belum ada irigasi yang permanen untuk mengairi sawah.

Para priya mencabut bibit dan para ibunya yang menanam ke area sawah yang luas.

Maka para petani di Desa Lengkong panen padi hanya sekali dalam setahun panen padi. Selebihnya musim yamg tersisa ditanami polowijo, antara lain kacang, jagung, kedelai dan ada yang dibiarkan kosong lahannya. Dan ada juga yang ditanami sayur-sayuran dan buah-buahan misalnya tomat, cabai dan bawang merah.

Petani menanam padi dibantu tenaga kerja wanita dalam menanam padi

Para Petani banyak yang usul kepada Pemerintah Desa agar petani dapat panen padi lebih dari satu kali, sebaiknya dibuatkan saluran irigasi yang bagus dan permanen dan diusulkan kepada Pemerintah Pusat disalurkan ke bendungan yang ada misalnya bendungan di daerah Kecamatan Jaken, sehingga petani dapat panen minimal dua kali. Hal ini dapat menambah pendapatan para petani di sektor pertanian.

petani semangat bekerja menanam padi di sawah pada musim penghujan tiba

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan