Perbaikan jalan pantura yang rusak berat akibat mobil truk yang mengangkut barang yang melebihi tonase

LENGKONG, 20 NOVEMBER 2021.

 

lengkong-batangan.desa.id- Dinas Pekerjaan Umum memperbaiki jalan Pantura akibat muatan kendaran yang melebihi kapasitas muatan terutama kendaraan truk yang memuat barang  yang bebas tidak ada aturan pengangkutan barang, sehingga jalan rusak hampir di semua sudut jalan Pantura terutama jalan Juana- Rembang KM 07 s/d KM 11 yang paling rusak parah parah  yang  membahayakan pengguna jalan terutama kendaraan roda dua.

 

 

Perbaikan jalan Pantura Juana-Rembang KM 09- KM11 Kabupaten Pati Jawa Tengah.

 

Kini kerusakan itu diperbaiki namun belum semua terselesaian. Pekerjaan perbaikan dimulai bulan September sampai bulan Desember sesuai informasi yang belum dapat dipercaya. Kerusakan kalau kita amati akibat kendaraan truk besar yang muatannya melebihi kapasitas angkut.  Seharus nya ada perhatian khusus dari Pemerintah, baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat tentang kapasitas angkut muatan truk-truk besar yang layak diangkut sehingga tidak merusak jalan yang sudah dibangun.

truk besar muatan terlalu banyak merusak jalan

 

Antrian panjang di jalan Pantura Juana- Rembang KM 09- KM 11 Tepatnya di Desa Lengkong Kecamatan Batangan Pati JAWA TENGAH

 

Karena jalan dibangun dengan baik tetapi kendaraan yang lewat muatan melebihi kapasitas daya angkut,  maka tinggal tunggu kerusakan yang akan terjadi lagi. Memang eronis disatu sisi jika jalan diberi  jalan timbang ending nya disalah gunakan petugas timbang, tapi kalau jalan timbang ditiadakan truk-truk besar mengakut barang seenaknya sendiri  mengankut barang sehingga mengakitkan jalan rusak.

Pengerukan jalan beton yang rusak untuk diganti yang baru

 

 

Dari sini kita ambil  pelajaran,  semua  harus saling sadar bahwa pengguna jalan itu tidak hanya mobil truk-truk besar saja melainkan juga kendaran roda dua maupun mobil-mobil kecil yang semuanya membutuhkan kenyamanan dalam  berlalu lintas. Oleh sebab itu kesadaran pribadi yang paling penting disamping untuk kepentingan umum lebih diutamakan dari pada kepentingan pribadi. Agar Pemerintah membangun atau memperbaiki ijalan itu tidak sia-sia.

 

 

 

Antrian panjang akibat saling berebut jalan

 

 

Sebaiknya kita semua saling menjaga jalan supaya tetap dapat dilalui dengan baik dan lancar. Karena jalan merupakan urat nadi untuk kelancaran perkonomian perlu dijaga agar ekonomi masyarakat tumbuh sehingga dimasa pandemi Covid ini masyarakat tidak semakin terbebani. Sehingga dengan jalan yang baik dan lancar dapat menumbuhkan perekoniam masyarakat.

 

Memang kesadaran masyarakat sangat kurang, mereka hanya mementingkan diri sendiri, hal ini dapat dilihat dari kendaraan yang lewat pada jalan yang diperbaiki Juana-Rembang KM 09-KM11 mereka saling berut jalan agar dirInya bisa cepat melewati jalan yang sempit yang diperbaiki. Akibatnya bukan malah lebih cepat tetapi macet yang didapat. Dengan dipebaiki jalan Juana -Rembang KM 09- KM 11 ini setiap hari macet yang kita lihat, apalagi jika malam hari jika tidak ada pantaun dari petugas mereka saling berebut jalan akibatnya macet berjam-jam.

 

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan