Masyarakat Desa Lengkong antusias mengikuti vaksinasi dosis ke dua jenis Moderna di Puskesmas Batangan

LENGKONG, 2 OKTOBER 2021

Lengkong-batangan.desa.id. –Masyarakat Desa Lengkong antusias mengikuti vaksinasi dosis ke dua jenis Moderna di Pukesmas Batangan. Sebelumnya masyarakat Desa Lengkong telah mengikuti vaksinasi dosis satu jenis Moderna pada tanggal 30 Agustus 2021 di Puskesmas Batangan juga.

Proses Tensi Darah Dan Screening

Syarat untuk vaksin dosis kedua ini adalah dengan membawa fotokopi KTP dan kartu vaksin dosis satu. Setelah menyerahkan persyaratan vaksin maka proses selanjutnya adalah tensi darah jika tekanan darahnya normal dilanjutkan screening. Setelah selesai screening barulah vaksin dosis kedua siap disuntikkan. Setelah penyuntikan vaksin harus menunggu kurang lebih 10 menit untuk menhimbau terjadinya KIPI.

Antre Penyuntikan Vaksinasi Setelah Screening

Vaksin Moderna adalah vaksin jenis mRNA (messenger RNA) yang cara kerjanya berbeda dengan vaksin yang menggunakan virus yang sudah dilemahkan seperti Sinovac dan Sinopharm. Vaksin jenis mRNA bekerja dengan cara mengajarkan sel-sel tubuh kita menghasilkan protein tertentu untuk membentuk respons imun. Setelah respons imun terbentuk, lahirlah antibodi yang menjadi tameng untuk melindungi tubuh kita bila terinfeksi virus. Sama seperti jenis vaksin lain, penggunaan vaksin Moderna akan menghindari kita dari efek berat terinfeksi Covid-19.

Proses Vaksinasi Dosis Ke Dua Jenis Moderna Di Puskesmas Batangan

Selain dari Desa Lengkong, banyak masyarakat desa lain dari Kecamatan Batangan yang mengikuti vaksinasi dosis ke dua ini. Meskipun banyak masyarakat yang antusias, mereka tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak.

Proses Vaksinasi Dosis Ke Dua Jenis Moderna Di Puskesmas Batangan

 

(KKN-IK IAIN KUDUS)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan