Presto Family oleh-oleh khas Desa Lengkong yang terbuat dari Ikan Bandeng milik Bu Yartik memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat

 

LENGKONG, 27 SEPTEMBER 2021.

lengkong-batangan.desa.id.Usaha  “Presto Family” milik Bu Yartik memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat. Berdiri sejak tahun 2019 usaha milik Bu Yartik menyediakan berbagai olahan dari ikan bandeng. Awalnya, Bu Yartik bekerja sama dengan adiknya berjualan makanan khas yaitu gethuk goreng dengan berbagai toping. Namun, melihat banyaknya minat masyarakat terhadap makanan khas yaitu bandeng presto dan berlimpahnya ikan bandeng di Desa Lengkong, Bu Yartik memutuskan untuk membuat usaha olahan dari ikan bandeng. Bu Yartik dan adiknya memberikan nama “Presto Family”. Ada banyak olahan bandeng di “Presto Family”  seperti bandeng presto, bandeng crispy, bandeng cabut duri, otak-otak bandeng, dan lain-lain.

 

Proses Pembuatan Bandeng Presto

Bandeng Presto adalah olahan ikan bandeng yang dibumbui dan dimasak  menggunakan Panci Presto atau pressure cooker dengan cara kerja menggunakan air yang dipanaskan sehingga menghasilkan uap bertekanan tinggi. Dengan teknik tersebut membuat daging ikan menjadi empuk, durinya menjadi lunak dan memiliki rasa yang gurih. Ikan bandeng dibuang isi perutnya dan dipotong sedikit ekornya. Kemudian dicuci bersih untuk menghilangkan lumpur yang menempel dan sedikit menghilangkan bau amis. Setelah itu ikan bandeng dilapisi daun pisang dan diolesi garam dan bumbu menggunakan spatula. Ikan bandeng dimasukkan dan ditata ke dalam Panci Presto sampai penuh. Setelah penun Panci Presto ditutup dengan rapat dan di masak kurang lebih satu jam.

Bandeng Presto Sebelum Digoreng

Pemilihan bandeng yang segar sangat menentukan cita rasa dari olahan ini. Menurut Bu Yartik, ikan bandeng dari tambak daerah Batangan memiliki cita rasa yang lebih gurih daripada ikan bandeng dari tempat lain.  Selain itu, bumbu-bumbu yang digunakan juga harus sesuai takaran. Bumbu yang digunakan diantaranya ada bawang putih, garam, dan kunyit.

Bandeng Preso Goreng Siap Makan

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan