Tim Monitoring dan Evaluasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati memonitoring sekaligus mengevaluasi Kelompok Tani Mina Berkah Lestari Desa Lengkong Batangan

LENGKONG, 01 SEPTEMBER 2021.

 

lengkong-batangan.desa.id– Pada hari ini Rabu 01 September 2021 Tim Monitoring dan Evaluasi DKP Pati mengevaluasi kelompok tani Berkah Alam Lestari Desa Lengkong tentang perkembangan dari kelompok  tersebut, kelompok ini bekerja dibidang budidaya perikanan baik ikan bandeng maupun udang vanami.

Tim monitoring menayakan kepada ketua kelompok yang diwakili perangakat desa menanyakan perihal perkembangan kelompok tani berkah alam kestari ini

Komoditi ikan dan udang ini yang sekarang mulai diminati para petani karena  prospeknya sangat cerah harganya selalu naik  karena komoditi ini  termasuk barang  ekspor sehingga harga menurut harga dolar., sehingga selalu naik. Petani pada musim kemarau ini agak kesuliatan brkaitan dengan air sebagai media untuk membudidayakan karena pada musim kemarau kadar garam air laut agak tinggi  sehingga petani harus ekstra ketat selalu mengontrol salinitasi air supaya kadar garam tidak terlalu tinggi agar ikan maupun udang tidak mudah mati karena kadar garam yang terlalu tinggi.

Perangkat Desa menjawab keadaan kelompoj tani Berkah Alam Lestari dengan rinci sesuai apa yang diketaui karena kebetulan Perangkat Desa ini termasuk anggota kelompok tani ini.

 

Dalam monitoring petugas juga memberikan arahan kepada kelompok tani agar dapat meningkatkan produksi dari hasil budaya perikanan baik berupa udang maupun ikan dalam hal ini yang di budidayakan adalah ikan bandeng. Yang iakan bandeng market nya jelas dan mudah untuk dijualnya serta harganya terus melambung sehingga petani  jarang merugi  setiap kali panen. Dalam monitoring sekaligus memverifikasi kelompok sampai ke tingkatan berapa keadaan kolompok ini.

Tim menayakan secara detail keberadaan kelompok tani ini

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan