Dalam peningkatan penguasaan tehnologi infomasi perlu diadakan Bimbingan Tehnik (Bimtek) bagi Aparatur Pemerintah Desa

LENGKONG, 30 AGUSTUS 2021.

 

lengkong-batangan.desa.id-  Pada tanggal 30 Agustus 2021 bertempat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati telah menyelenggarakan kegiatan bimbingan tehnis peningkatan pengusaan informasi tehnologi bagi Aparatur Pemerintah Desa di Kabupaten Pati. Pada pelatihan bimbingan tehnis ini tidak semua Desa di kiutsertakan dalam pelatihan mengingat di suasana masih pandemi Covid-19 yang belum selesai.

Pelatihan di ikuti perwakilan Desa di tiap-tiap Kecamatan se Kabupaten Pati

Maka pelaksaan masih  mengikti prokes yaitu menjaga jarak, memakai masker dan cuci tangan sebelum memasuki ruangan pelatihan. Hal ini dilakukan untuk antisipasi penyebaran  penyakit corona yang  mudah penularannya.  Bimtek  ini menerapkan sistem informasi Desa (sid) yang diterapkn di  tingkat Desa dengan fungsi sebagai media untuk  mengelola data yang ada di Desa, seagai media informasi dan komunikasi Pemerintah Desa, sebagai pelayanan administrasi dan pengeleloan keuangan Desa, sebagai informasi potensi desa.

Tiap-tiap aparatur Desa membawa laptop masing-masing untuk mengikuti pelatihan atau bimtek

 

Aparatur Desa sangat sdrius mengikuti bimbingan tehnik ini

Bagi Aparatuur Pemerintah Desa ini merupakan hal baru yang harus dipelajari dengan seksama karena dengan tehnologi yang semakin berkembang di tuntut aparatur  Pemerintah Desa harus mengikuti perkembangan itu.  Dalam bimtek juga dipelajari tehnik penulisan berita yang baik dengan bahasa yang santun agar dapat dibaca oleh masyarakat luas.

Peserta masing Kecamatan ada 2 Desa sebagai perwakilan di masing-masing Kecamatan.

 

Dengan bimbingan tehnik ini sistem informasi Desa  agar masyarakat mengetahui kondisi wilayah desa, potensi yang ada di Desa itu dan dapat dikembangkan di Desa itu. Dari pelatihan ini dapat dikembangkan di desa-desa lain agar ada satu persepsi tentang penguasaan penguatan tehnologi informasi Desa. Karena mengingat  yang mas pandemi Covid-19 ini tidak memungkinkan penadatangkan semua desa, maka dengan perwakilan ini bisa di kembangkan pada desa yng lain yang tidak mengikuti pelatihan.

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan