Pengerasan jalan produksi dikawasan petani tambak garam Desa Lengkong di musim kemarau

LENGKONG, 27 AGUSTUS 2021.

 

lengkong-batangan.desa.id–  Pemerintah Desa Lengkong melaksanakan pengerasan jalan produksi dikawasan tambak garam rakyat  dilaksanakan pada waktu musim kemarau tiba. Hal ini sedikit mengganggu para petani  untuk menjual hasil panen garamnya karena jalannya baru dimulai pengerjaannya. Damun para petani menyadari dan sangat senang karena jalan yang selama ini masih berupa tanah sekarang sudah dikeraskan berupa tumpukan pedel semacam batu padas putih yang dihancurkan di tata rapi kemudian di gilas dengan alat berat yaitu weles semacam selinder untuk menghaluskan jalan agar dapat dilalui dengan mudah oleh petani untuk mengangkut garam untuk di jual kepada pengepul atau pembeli yang ada dipabrik garam  yang letaknya dikawasan pemukiman.

 

Pengerasan jalan dengan sirtu putih atau disebut pedel yaitu pecahan batu kapur

 

Pembangunan ini adalah rangkaian dari visi misi kepala Desa dan usulan dari masyarakat bahwa agar jalan produksi dikeraskan supaya petani dapat menjual hasil panennya disaat musim penghujan setelah kemarau selesai. Karena petani biasanya pada waktu musim kemarau  jika harga garam turun mereka menyimpannya di gudang-gudang kecil diatas pematang tambak masing-masing yang nantinya dijual pada musim penghujan yang harga garam mulai naik.

 

Pecahanan batu kapur diangkut mobil dam lalu diangkut menggunakan tosa kendaraan roda tiga menuju lokasi tambak.

Bertahun-tahun petani mengeluh karena jalan produksi masih berupa tanah liat pada musim tertentu tidak dapat dilalui karena becek dan berlumpur pad waktu musim hujan maka para petani sangat senang dengan pangerasan jalan produksi ini.

 

Setelah diratakan kemudian di selider supaya halus dan enak dilalui sepeda motor maupun kendaraan roda tiga

 

Dan dengan pengarasanjalan produksi petani di untungkan  berbagai hal antara lain lebih mudah menjual hasil panen, pengangkutan garam lebih  cepat, biaya angkut lebih murah karena bisanya pengangkutan memakai sepeda dengan di keraskan jalan produksi pengangkutan dapat memakai kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda tiga hal ini yang meringankan pengangkutan dan lebih murah dan cepat selesai. Pekerjaan pengerasan ini dilaksanakan siang dan malam agar cepat selesai dan supaya dapatdilaui oleh petani garam menjual hasil panennya.

 

Menggunakan roda tiga untuk mengangkut material menuju lokasi tambak

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan