Kenduren adalah tradisi unik bagi warga Desa dalam rangka sedekah bumi di Desa Lengkong Kecamatan Batangan

LENGKONG, 21 AGUSTUS 2021.

 

lengkong-batangan.desa.id-  Pemerintah Desa Lengkong pada tanggal 21 Agustus 2021 melaksanakan  tardisi rutin tahunan dalam rangka sedekah bumi. Kegiatan ini diawali dengan melaksankan kenduri bersama di tempat yang orang desa mengatakan  namanya punden. Mereka bersama-sama membawa makanan tumpengan  dikumpulkan jadi satu tempat kemudian di do’akan oleh penghulu, masyarakat meng amiinkan bersama-sama.

.

Kenduri bersama dalam rangka sedekah bumi Desa Lengkong Kecamatan Batangan

 

Uniknya setelah selesai penghulu berdo’a nasinya tidak dibagi melainkan mereka berebut untuk mendapatkan makanan  sebanyak-banyaknya. Mereka mengatakan ingin mencari berkah sebanyak-banyaknya. Hal ini disampaikan bpk Sunardi rt 03 rw 02 salah seorang yang ikut berebut makanan kenduri mengatakan bahwa saya ikut berebut nasi kenduren untuk mencari berkah karena nasi ini sudah di do’akan oleh warga sekampung, karena do’a orang banyak biasanya terkabul.

 

Setelah di do’akan oleh penghulu mereka mencari makanan yang disukai untuk dimakan.

 

 

Oleh sebab itu saya meluangkan waktu untuk datang di tempat ini agar mendapatkan nasi tumpengan yang sudah di do’akan dan yang terpenting mandapatkan berkahnya. Kenduren di ikuti warga se kampung dan mereka membawa nasi dari rumahnya masing-masing. Susana semakin ramai  karena pria, wanita, tua dan muda ikut datang mengikuti kenduren.

Para wanita pun tidak ketinggal ikut ambil bagian mencari makanan dan dimakan sambil berdiri

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail,com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan