Sedekah Bumi Desa Lengkong Batangan acara rutin tahunan di susana PPKM darurat belum Usai

LENGKONG, 20 AGUSTUS 2021.

 

lengkong-batangan.desa.id- Pemerintah Desa Lengkong melaksanakan kegiatan rutin tahunan  di suasana pandemi Covid-19 yang belum usai.  Karena masih di suasana PPKM darurat belum dicabut maka pelaksanaannya secara sederhana  dan mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan oleh Pemerintah yaitu dengan memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan untuk antisipasi penularan Virus Corona yang belum usai.

Tahlil umum dalam rangka sedekah bumi Desa Lengkong Batangan

 

Masyarakat juga menyadari bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara sederhana  tanpa mengurangi kekhidmatan  acara sedekah bumi. Acara diawali dengan do’a tahlil bersama secara perwakilan dari masing-masing RT dan RW  serta tokoh masyarakat terdekat dengan lokasi punden.

Sebelum acara tahlil di mulai Kepala Desa Lengkong bpk Yashadi, Ama. Pd memberi sambutan mengatakan acara sedekah bumi dilaksanakan secara sederhana

Acara tahlil dibagi tiap-tiap  mushola yang ada Desa Lengkong, jadi masyarakat melaksanakan tahlil di dekat mushola masing-masing untuk antisipasi penyebaran Virus Corona yang belum usai.  Dalam kegiatan ini masyarakat tidak mintai sumbangan dana untuk pelaksanaan namun masyarakat hanya membawa nasi tumpeng untuk dibawa dimasing-masing mushola terdekat  sekedar untuk dimakan bersama setelah acara tahlil.

Para jama’ah secara khidmat melaksanakan tahlil dan berdo’a agar diberikan kehidupan yang berkah dan dijauhkan dari wabah penyakit yang melanda di bumi Indonesia ini.

 

Acara yang sebagai sentralnya bertempat di punden  orang menyebutnya yang  pada jaman dahulu bagi orang yang beragama Hindu dipakai untuk memuja-muja, namun dengan perkembangan jaman masyarakat sudah banyak yang memeluk agama Islam tempat ini sudah beraleh fungsi,  tidak dipakai  untuk  memuja-muja malah tempat ini beralih menjadi tempat orang beragama Islam untuk kegiatan orang  Islam misalnya untuk melaksanakan Tahlilan dan acara keagamaan yang lain.

Mereka kebanyakan melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan