Sepeda motor salah satu alat tranportasi yang praktis yang digunakan petani garam untuk mengangkut garam di jual ke pengepul

LENGKONG, 11 AGUSTUS 2021.

 

lengkong-batangan.desa.id- Petani di Desa Lengkong menggunakan alat tranpotasi sepeda motor untuk mengangkut garam untuk di jual kepada pengepul, hal ini dilakukan karena jalan produksi  yang dilalui masih sepit hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua. Karena dengan sepeda motor ini dirasa lebih cepat dan lebih murah ongkos angkutnya. Para kuli angkut yang sudah terbiasa membawa garamnya di masukkan kedalam karung  4 atau 5 karung sekali angkut untuk dijual ke pengepul yang jarak nya agak lumayan jauh.

Sepeda motor alat tranpotasi yang praktis yang dipakai untuk angkut garam ke pengepul

Dan dengan sepeda motor lebih cepat dan mudah sehingga para kuli  dapat menyesaikan pekerjaan lebih cepat.  Dengan adanya kuli angkut yang membawa sepeda motor  ini para petani garam sangat tertolong, karena sebelum adanya kuli angkut yang membawa sepeda motor dulu nya kalau menjual gara kepada pengepul oleh kuli angkut di pikul  manusia menuju ke pengepul sehingga pekerjaan yang sangat melelahkan dan membutuhkan waktu yang sanagt lama.

 

kuli angkut membawa garam dimasukkan ke dalam karung untuk di angkut

Sekarang para kuli angkut ini disamping membawa sepeda motor juga membawa karung atau sak sendiri untuk mengangkut garam, sehingga petani tidak usah menyiapkan karung yang akan dipakai mengangkut garam. Hal ini lah yang di sukai oleh para petani untuk menggunakan jasa para kuli angkut untuk menjual garamnya. Para kuli angkut sudah punya langganan  para petani yang mau diangkut garamnya sehingga terjalin kerukunan diantara petani dan para kuli sehingga tidak akan terjadi gesekan diantara meraka, kadang para kuli saling membantu pekerjaan para petani.

Dengan entengnya para kuli membawa banyak karung untuk dibawa ke pengepul

 

 

 

 

legimanmuhlis@gamil.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan