Gerobak dorong salah satu alat untuk meringankan beban para petani garam rakyat untuk mengangkut garam

LENGKONG, 10 AGUSTUS 2021.

 

lengkong-batangan.desa.id– Para petani garam di Desa Lengkong mengunakan alat untuk meringankan dalam mengangkut garam dari meja garam sampai pematang, yaitu dengan bantuan gerobak dorong yang terbuat dari rangkaian besi yang buatan pabrikan, hal ini dilakukan untuk meringankan tenaga pengangkutan. Karena dengan alat ini sangat praktis dan efesian karena sekali dorong dapat mengangkut garam sampai 1 kwintal sedangkan jika diangkat dengan tenaga manusia tidak sampai 60 kg.

Petani garam menggunakan gerobak dorong dalam mengangkut garam

 

 

 

Hal  ini sangat membantu sekali kepada petani garam, karena mendorongnya dengan ringan, tetapi dapat memuat garam lebih banyak. Para petani awalnya mendapatkan bantuanalat gerobak dorong dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati dalam program Pugar tahun 2014, namun karena bahan gerobak terbuat dari besi sampai saat ini sudah ada yang rusak atau pun bekarat.

Gerobak dorong alat sangat baik untuk mengangkut garam dari meja garam menuju ke pematang

 

 

Bagi petani yang rajin merawat mungkin masih bisa dipakai tetapi petani yang enggan merawat maka alatnya sudah rusak. Tetapi karena alat ini merupakan kebutuhan yang vital maka petani berusaha memperbaiki, kalaupun tidak dapat diperbaiki mereka pun membeli yang baru. Harga yang sedikit mahal karena satu unit gerobak dorong harganya Rp 350.000;- Rp 400.000; harga yang segitu bagi petani sudah agak mahal mengingat harga garam belum bisa naik, sehingga perlu mengumpulkan uang untuk mebeli yang baru.

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan