Normalisasi sungai Kaliwot di musim kemarau untuk mengairi tambak garam di Desa Lengkong

LENGKONG, 03 AGUSTUS 2021.

 

lengkong-batangan.desa.id– Pemerintah Desa Lengkong di musim kemarau ini menormalisasi sungai atau laban Kaliwot guna untuk mengairi tambak-tambak disekitarnya, karena di musim kemarau seperti ini banyak sungai atau laban yang dangkal karena endapan lumpur yang dibawa oleh air pasang yang membawa lumpur menuju aliran sungai  sehingga sungai menjadi dangkal yang akhirnya menyumbat air menuju aliran sungai.

pengerukan laban kaliwot agar air dapat mengalir ketambak-tambak petani

Para petani mengeluh karena sumbatan lumpur itu sehingga mau tidak mau Pemerintah Desa turun tangan mengatasi sumbatan itu. Dengan kondisi yang demikian itu Pemerintah Desa  mengajukan bantuan alt berat untuk menangani kedangkalan sungai atau laban yang tidak mungkin ditangani secara manual.

normalisasi menggunakan alt berat exavator atau bego
Dengan hati- hati operator alat berat menjalankan exavator karena di kondisi tanah yang lunak

Dengan bantuan swadaya masyarakat dengan melengkapi kebutuhan alat berat aga dapat sampai ke lokasi pengerukan para petani tambak rela membantu membelikan semacam balok dari pohon kelapa yang biasa dinamakan glugu  agar alat berat tidak sampai terbenam diatas tanah yang gembur sehingga dapat mengeruk aliran sungai yang dangkal.

 

 

 

 

 

Pengerukan segera dilaksanakan karena musim kemarau ini air merupakan kebutuhan yang paling  dominan yang dibutuhkan oleh para petani garam , karena terjadi garam adalah  dari air laut yang ditua kan diatas meja-meja garam.

pengerukan dimulai dari muara sungai tepi laut untuk memudahkan pengerukan

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan