Cara praktis penjualan garam beryodium kepada konsumen berbentuk briket yang higieniss

LENGKONG, 08 MEI 2021.

 

lengkong-batangan.desa.id- Desa Lengkong Kecamatan Batangan berada di pesisir pantai Jawa Tengah. yang tepatnya di wilayah Kabupaten Pati di bagian  Timur, berada di Kecamatan Batangan sebagai salah satu sentra penghasil garam rakyat dari Kabupaten Pati.  Hasil garam nya yang melimpah sehingga mendorong para pengusaha membuat terobosan baru untuk penjualan garam grosok agar bernilai tinggi.

 

Ruang proses pembuatan briket ruangan yang higienis
Pabrik garam briket di desa Lengkong Batangan

 

 

Dari garam grosok diubah menjadi garam berbentuk briket,  maka para pengusaha banyak mendirikan pabrik garam briket yang mengubah garam grosok menjadi garam briket yang bernilai jual lebih tinggi.  Hasilnya sangat menjanjikan  dan mudah dipasarkan ke tempat-tempat yang lebih jauh yang mempunyai pasar yang lebih baik. Sehingga banyak pengusaha mendirikan pabrik- pabrik garam briket di Desa Lengkong.

 

 

 

Garam grosok setelah proses pembuatan menjadi garam briket

 

Disisi lain dengan adanya pabrik garam briket membantu mengurangi pengangguran karena menyerap tenaga kerja yang sangat banyak. Dan harga garam juga semakin  bersaing karena di desa Lengkong pabrik garam briket ada 9 pabrik yang berdiri setiap pabrik  mempunyai management pemasaran sendiri-sendiri dan mempunyai wilayah penjualan yang berbeda. Sehingga keberadaanya sangat mebantu perekonomian masyarakat khususnya warga desa Lengkong. Dalam proses pembuatan garam grosok menjadi garam berbentuk briket ini memerlukan banyak karyawan.

karyawan beserta mesin pencetak garam briket

 

 

 

Garam yang berbentuk batangan yang dinamakan garam briket

Mulai dari bahan baku garam  kemudian dicuci dengan menggukan tenaga manusia setelah dikeringkan di beri yodium baru lah dicetak menggunakan mesin cetak juga memerlukan tenaga manusia yang banyak juga. setelah tercetak kemudian dibakar dengan mesin pembakar  lalu setelah dingin baru di bungkus dengan menggunakan plastik yang bermerk.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan