Dengan tehnologi sederhana kincir angin para petani sangat terbantu karena meringankan tenaga nya

LENGKONG, 6 JUNI 2021.

 

lengkong-batangan.desa.id- Pada awal-awal bulan Mei para petani garam mulai mengerjakan lahan tambak untuk dibuat garam rakyat. Para petani mempersiapkan kelengkapan alat-alat yang dibutuhkan agar pada waktu mengerjakan lahan dapat meringankan beban pekerjaannya. Antara lain alat adalah kincir angin untuk menaikkan air dari laut ke tandon air atau jarangan, para petani Lengkong sebagian besar menggunakan alat kincir angin, karena sangat membantu para petani meringankan tenaga, waktu dan baiya.

 

Kincir angin berfungsi menaikkan air dari sungi ke tandon air atau jarangan

 

Karena sebelum ada alat ini para petani menaikkan air laut ketambak mengunakan alat sederhana yaitu sebatang bambu salah satu ujung dikasih ember dan ujung yang lain iberi pegangan untu menimba air.  Karena semakin berkembangnya ilmu pengetahuan para petani membuat kincir angin yang dapat menaikkan air dari sungai masuk kedalam tandon air atau jarangan.

 

Kincir air terbuat tiang nya dari kayu ukuran (10cmx10 cm) panjang 3,5 meter, atasnya terbuat ari papan ukuran lebar 20 cm, tebal 2 cm panjang 4 meter dibuat menyilang.

 

Kincir angin ini tehnologi sederhana semua orang dapat membuatnya. Kincir angi digerakkan dengan tenaga angin, jika pada siang hari angin berhembus dari laut ke darat sangat kencangnya sehingga dapat menggerakkan kincir dengan putaran yang sangat kencang sehingga dapat menaikkan air ke tandon atau jarangan. Dengan bantuan kincir angin para petani tidak usah menaikkan air secara manual yang menguras tenaga dan menghabiskan waktu hanya untuk menaikkan air saja sehingg pekerjaan yang lain terbengkelai.

 

cara kerja kincir angin digerakkan angin , gerakannya membawa air naik sehingga air dapat mengalir ke tandon atau jarangan

 

Tetapi dengan menggunakan kincir angin pekerjaan lebih ringan dan pekerjaan yang lain dapat dikerjakan. Karena itu semua petani garam Desa Lengkong menggunakan tehnologi sederhana ini. Karena biaya murah, efisien waktu dan dapat ibuat oleh semua petani bahan baku tersedia mudah didapat.

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan