Penanaman Mangrove Masa Sulamanan Sudah Berakhir Tinggal Masa Perawatan Oleh Kelompok Tani Alam Lestari

LENGKONG, 19 MARET 2021.

 

lengkong-batangan.desa.id- Pada hari ini jum’at tanggal 19 Maret 2021 penanam mangrove masa tanam sulam sudah selesai tinggal  mulai masa perawatan,  agar tumbuhan mangrove  dapat tumbuh dan berkembang dengan subur maka perlu perawatan agar dapat hidup  dan berkembang dengan baik. Setelah masa tanam sulam kelompok tani mangrove mereka merawat tanaman dengan membersihkan sampah-sampah yang terdapat pada tanaman yang kalau tidak dibersihkan akibat tanaman akan mati karena kebanyakan sampah laut adalah sampah plastik yang sangat banyak.

 

 

 

 

Tanaman mangrove pantai desa Lengkong sebelum kena ombak air pasang yang dsangat besar

Kalau tidak segera  dibersihkan akan mengganggu pertumbuhan tanaman akibatnya akan mati kalaupun tidak mati menghambat pertumbuhan tanaman mangrove. Masa sulam ini adalah karena  pada waktu tanam pertama bulan desember 2020, setelah tanam selesai beberapa hari kemudian  air pasang di iringi dengan ombak yang keras dan besar mengakibatkan tanaman mangrove yang baru ditanam ikut hanyut sehingga perlu ditanam  sulaman kembali agar pohon mangrove dapat tumbuh dipesisir pantai Desa Lengkong.

Kondisi mangrove setelah kena ombak besar, sekarang baru ditanami kembali agar dapat hidup subur seperti sebelum kena ombak

 

 

 

 

Karena dengan adanya pohon mangrove yang tumbuh dengan baik sangat menguntungkan warga desa baik pembudidaya ikan maupun  budidaya udang. Dan juga dengan adanya tumbuhan mangove dapat menahan  abrasi pantai. Harapan kelompok tani mangrove setelah tanam sulam ini selesai mudah-mudahan aman dan tidak ada gangguan baik gangguan alam berupa ombak dan angin kencang maupun hewan misalnya ulat daun yang sering menyerang tanaman, terutama tanaman jenis avicennia yang disukai ulat daun.

 

 

Tanaman mangrove jenis avicennia yang ditanam dipesisir pantai desa Lengkong.

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan