Posyandu Merpati 2 Melaksanakan Kegiatan Rutin Di Suasana Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)

LENGKONG, 13 MARET 2021.

Penimbangan berat badan balita satu persatu

lengkong-batangan.desa.id– Hari Sabtu tanggal 13 Maret 2021 Posyandu Merpati 2 Desa Lengkong Kecamatan Batangan melaksanakan kegiatan rutin bulanan yaitu penimbangan balita, pengukuran tinggi badan balita dan pengkuran lingkar lengan balita. Peran Posyandu ditengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan pasangan usia subur.

 

Posyandu merupakan upaya Pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

 

Penimbangan balita untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan balita

 

 

 

Berbeda dengan Puskemas yang meberikan pelayanan  setiap hari, posyandu hanya melayani setiap bulan satu kali. Lokasi  umumnya di lingkungan RT atau Rw yang mudah dijangkau oleh masyarakat  setempat. Kegiatan posyandu terdiri dari kegiatan utama dan kegiatan pengembangan.

Kegiatan utama antara lain:

 – Program Kesehatan Ibu hamil

 – Program Kesehatan Anak.

– Keluarga Berencana.

– Imunisasi.

-Pemantauan status gizi.

-Pencegahan dan penanggulangan diare.

Kegiatan posyandu dan manfaat yang diperoleh warga tanpa mengeluarkan biaya,  sehingga meringankan masyarakat. Selain itu posyandu juga memilki banyak manfaat yang lain yaitu: Memberikan banyak beragam informasi kesehatan ibu dan anak, dan pencegahan penyakit. Memantau tumbuh kembang anak sehingga anak terhidar dari resiko kurang gizi atau gizi buruk.  Mendeteksi dini jika ada yang mengalami kelainan pada anak, ibu hamil , sehingga dapat segera ditangani atau diatasi.

Masing -masing balita mendapatkan makanan tambahan (PMT) setelah kegiatan penimbangan selesai

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan