Penanaman Mangrove Tambal Sulam Di Pesisir Pantai Desa Lengkong, Menginjak Hari Ke Sembilan

LENGKONG, 10 MARET 2021.

 

lengkong-batangan.desa.id- Pada hari ini Rabu tanggal 10 Maret 2021, Kelompak tani Mangrove menanam pohon mangrove dari jenis  Avicennia dan  jenis Rhizopora sebagai tanaman sulaman karena pada bulan November 2020 telah melaksanakan penanaman  pertama, namun karena akibat cuaca gelombang air pasang,  ombaknya yang sangat besar mengakibatkan tanaman mangrove yang baru ditanam,  ikut hanyut oleh terpaan ombak.

Menanam bibit sulaman mangrove akibat ombak bulan desember 2020 yang melarutkan tanaman yang sudah tumbuh baik

 

 

 

 

tanaman yang masih tersisa akibat ombak besar tahun 2020 bulan Desember

 

 

Oleh sesbab itu bulan ini diadakan tanaman sulaman agar tananaman mangrove jenis Avicennia ini tetap hidup di pantai Desa Lengkong. Sebab tanaman Mangrove jenis avicennia ini mudah tumbuh di wilayah  pesisir Desa Lengkong dan sekitarnya. Selama ini masyarakat mendabakan tanaman Mangorve  dapat hidup dengan subur karena slain dapat penahan ombak juga buahnya dapat dikonsumsi dan dapat dipakai sebagai sumber mata pencaharian, karena buahnya dimasak dijual dipasar tradisional cukup digemari oleh masyarakat.

Tanaman sulaman diharapkan dapat tumbuh dengan baik dan hidup subur
Tanaman yang masih hidup dengan baik diwilayah Desa Lengkong

 

 

 

Oleh sebab itu masyarakat pesisir khususnya sangat senengDan tanaman Mangrove baik jenis avicennia maupun jenis Rhizopora ini sangat berguna sebagai tanaman  penahan abrasi pantai,  sehingga sangat dibutuhkan oleh masyarakat pesisir khususnya petani tambak  yang pada waktu ini mulai menabur benih udang atau maupun ikan ditambak mereka.

 

 

Tanaman mangrove jenis Rhizopora sp yang sebagai sulaman sebagai penguat tananman avicennia

 

Tanaman mangrove di Desa Lengkong sebagian masih ada yang tumbuh subur di pesisir bagian barat yang tanah timbulnya agak tinggi sehingga tidak begitu kena ombak, sehingga tanaman tdak begitu rusak. Dan masih terawat dengan baik, tetapi dipesir bagian timur yang ytanah timbulnya agak rendah mudah kena ombak pada waktu air pasang.

 

Tanaman yang tidak kena ombak yang masih tumbuh dengan baik

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan