Petani Mangrove Melaksanakan Penanaman Pohon Bakau Hari Yang Ke 5 Di Pesisir Desa Lengkong Kecamatan Batangan

LENGKONG, 7 MARET 2021.

 

Kelompok Tani Alam Lestari Desa Lengkong tanam sulam hari ke 5 dilokasi Pesisir Desa Lengkong Kecamatan Batangan

 lengkong-batangan.desa.id- Pada hari ini Minggu tanggal 7 Maret 2021 Kelompok Tani Mangrove Alam Lestari Desa Lengkong  melaksanakan penanaman sulaman pohon  bakau dari jenis Avicennia (api-api) dan jenis Rhizopora sp(Tanjang) yang ditanam bersamaan di lahan yang sama. Hal ini dilakukan agar tanaman Avicennia(api-api) yang mempunyai akar keci-kecil  yang banyak dapat bertahan hidup dengan baik, maka harus ditanami pohon bakau jenis Rhizopora sp yang mempunyai akar gantung yang di sela-sela tanaman itu.

 

 

Tanaman sulaman diselingi pohon Mangrove jenis Rhizopora sp agar lebih kuat tanaman mangrove jenis Avicennia yang menjadi tanaman pokok yang ditanam di wilayah ini.

 

 

 

Para pekerja dengan memakai alat sampan untuk memudahkan pengangkutan ke lokasi tanam

Karena tanaman mangrove jenis Rhizopora sp ini mempunyai akar gantung yang besar dan kuat. Akar gantung yang kuat  dapat menahan gelombang air pasang yang besar dan keras sehingga tanaman bakau jenis Avicennia ini dapat bertahan hidup. Dengan dipandu Penyuluh Kehutanan bu Sriwati sebagai pendamping didesa Lengkong dalam Progranm PEN Tahun 2020.

Pohon Mangrove jenis AVICENNIA ( API-API) yang ditanam di lokasi pantai Desa Lengkong
Armada pengangkut bibit mangrove dari penyedia bibit sampai kelokasi Tambak.

 

 

 

Yang membantu Penyuluh Kehutanan Bu Endang Sunarni, SP yang pada waktu ada Program PEN 2020 ini terlalu banyak  wilayah binaannya,  sehingga satu  desa di ampu oleh bu Sriwati yang sebenarnya tugas pokoknya diwilayah Penyuluh Kecamatan Wedarijaksa. Namun para anggota Kelompok Tani Mangrove Alam Lestari tetap semangat bekerja dan dapat bekerja bersama dengan pendamping siapa saja, yang penting arahannya sesuai dan tidak menyalahi aturan yang sudah ditetapkan dari Dinas Kehutanan maupun BPDAS-HL Pemali Jratun Provinsi Jawa Tengah dalam Program PEN 2020  ini.

 

 

 

Penanaman memakai alat sampan agar lebih ringan untuk menanamdan  agar lebih cepat selesai  dalam penanaman

 

legimanmuhlis@gmail.com.id

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan