Tanam Bibit Avicennia Dan Rhizopora sp Hari Ke 3 Kelompok Tani Alam Lestari Desa Lengkong

LENGKONG, 5 MARET 2021.

lengkong-batangan.desa.id – Pada hari ini Jum’at tanggal 5 Maret 2021  Kelompok Tani Mangrove  menanam bibit avicennia ( api-api) dan Rhizopora sp ( tanjang)  sebagai sulaman karena tanam bulan Desember 2020 kemarin banyak yang rusak akibat gelombang pasang yang sangat besar  yang mengakibatkan banyak tanaman bakau yang rusak, kerusakannya hampir 70%.

 

 

 

 

 

 

 

 

Hal inilah yang dilakukan kelompok ini agar senantiasa tanaman  bakau , baik tanaman Avicennia maupun Rhizopora tetap hidup dan berkembang di pantai Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Hari ini menginjak hari yang ke 3 penanaman bibit api-api maupaun tanjang.  Tetapi yang paling dominan yang ditanam adalah pohon api-api karean pohon ini mempunyai akar yang banyak dan dapat berfungsi menahan abrasi pantai.

 

Bibit Avicennia yang ditanam sebagai sulaman di pantai Desa Lengkong

 

 

 

 

Petani menanam biit disepadan Pantai Desa Lengkong

Sedangkan tanaman Rhizopora sp untuk sebagai penguat tanaman yang lain  agar kalau kena gelombang air pasang, tanaman ini sebagai penahan gelombang.  Kedua tanaman ini mudah tumbuh  didataran pantai Jawa Tengah khususnya pantai di Kabupaten Pati, namun karena kondisi tanahnya  yang rendah mudah tenggelam dengan adanya air pasang yang sangat tinggi. Apalagi  kalau dibarengi  dengan ombak yang sangat kencang itu dapat merusak semua tanaman yang ada.

Bibit Rhizopora yang ditananam sebagai selingan agat ada tanaman penguat yang sebagai tameng tanaman lain.

 

 

Para pekerja anggota Kelompok Tani Mangrove  sangat giat biarpun kondisi lahannya berlumpur mereka semangat agat penanaman cepat selesai dan agr bis cepat tumbuh dan berkembang supaya pohon bakau dapat hidup subur dan dapat bermanfaat bagi warga Desa Lengkong yang senantiasa mendambakan pohon ini hidup lebat sehingga bisa sebagai tameng tambak-tambak mereka yang saat ini mengalami kerusakan yang sangat parah.

 

 

 

Para petani mengikat bibit dengan ajir sebelum ditanam di pantai

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan