Tanam Bibit Avicennia Yang Kedua Karena Tanam Yang Pertama Larut Akibat Gelombang Air Pasang Laut Yang Sangat Besar

LENGKONG, 3  MARET 2021.

 

lengkong-batangan.desa.id– Pada hai ini Rabu tanggal 3 maret 2021 Kelompok tani mangrove menanam bibit Mangrove yang ke dua kalinya karena yang pertama hilang kena gelombang besar pada Bulan Januari- Februari 2021. Karena bulan ini ombak sudah mulai reda maka Kelompok Tan Mangrove Alam Lestari Desa Lengkong Kecamatan Batangan memberanikan diri menanam lagi, agar dibulan berikutnya tanaman sudah tumbuh besar dan sudah  kuat. Tanaman in sebagai tanaman tambal sulam untuk mengganti tanaman yang larut oleh gelombang bulan lalu.

 

 

 

pekerja menanam satu persatu sambil mengikat dengan tali kepada ajir agar tanaman senantiasa kuat terhadap gelombang pasang

 

 

 

 

Pekerja sambil mengikat tali dengan ajir kemudian  baru ditananam karena kalau di ikat di atas pematang lebih mudah daripada di atas lumpur agak sulit karena licin

Pemilihan bibit yang baik harapannya agar cepat tumbuh baik dan  tumbuh subur. Penanaman ini adalah melanjutkan Program PEN  Tahun 2020, karena  Kelompok Tani Mangrove Alam Lestari ini salah satu dari 29 Desa di Kabupaten Pati yang mendapatkan Program PEN ( Pemulihan Ekonomi Nasional ) 2020.

 

 

 

 

Program PEN ini dari BPDAS-HL Pemali Jratun Semarang Provinsi Jawa Tengah. Para pekerja senantiasa menanam bibit dengan baik, setiap tanaman diberi penguat / ajir supaya tanaman tidak mudah roboh kena ombak yang tidak begitu kencang. Dengan telaten para pekerja menanam sambil memasang ajir dan kemuian di ikat tali.Kali ini bibit avicennia diatangkan dari luar wilayah  karena didaerah sendiri bibit sudah ternanam bulan lalu semua, maka harus mendatangkan bibit dari luar daerah agar dapat mendapatkan bibit yang lebih baik.

Armada pengangkut bibit yang mau ditanam dilokasi pantai Desa Lengkong

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan