Sosialisasi Pelaksanaan Program Percepatan dan Penurunan Stunting Kepada Kader Posyandu Desa Lengkong Batangan

LENGKONG, 29 JANUARI 2021.

 

 

lengkong-batangan.desa.id– Pada hari Jum’at tanggal 29 Januari 2021 bertepat dirumah Ketua Kader Posyandu Merpati 2 yang beralamatkan di RT 01 RW 02 Desa Lengkong, telah diadakan Sosialisasi Percepatan dan Penurunan Stuting secara Serentak kepada kader-kader Posyandu agar dalam pengukuran tinggi badan balita dapat secara  akurat dan benar sehingga perkembangan anak dapat dilihat secara jelas.

 

 

Sosialisasi Pecepatan dan Penurunan Stunting secara serentak

Hal ini dilaksanakan menindaklanjuti hasil bintek yang dilaksanakan oleh ketua kader di Aula Lt III Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, pada tanggal 23 Januari 2021 yang lalu. Bintek Pelaksanaan Penimbangan Serentak melalui kegiatan Orientasi Surveilans Gizi bagi kader di Kabupaten Pati.

 

 

 

Mempraktekkan pengukuran yang benar oleh kader

Pada mengukuran dititik beratkan pada balita usia 0-2 tahun dengan menggunakan Infatometer karena masih tertelentang dan usia 2-5 tahun memakai Digital karena sudah dapat berdiri. Dalam pengukuran balita semua alas kaki baik sepatu maupun kaos kaki harus dilepas sehingga dapat diketahui secara pasti tinggi balita,  dan dilakukan 2 orang kader setiap pengukuran balita.

 

 

Pengukuran balita usia 0 th -2 th secara telentang

 

 

 

Pengukuran balita usia 2 th – 5 th secara berdiri

Apabila dalam pengukuran ada penambahan 0,5 cm dianggap balita itu tinggi nya tidak  bertambah, sehingga kader harus betul-betul secara teliti dalam melaksanakan pengukuran balita sehingga kalau dalam penimbangan balita beberapa bulan petumbuhan nya tetap atau hanya sedikit perlu dicurigai anak ini apakah yang termasuk anak yang stunting atau tidak.

 

 

Pengukuran usia 0 th -2 th memakai Infatometer

 

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan