Pemugaran Gapuro Makam Tanjung Desa Lengkong Batangan Karena Sudah Tidak Layak Lagi

LENGKONG, MINGGU 17 JANUARI 2021.

lengkong-batangan.desa.id- Hari ini Minggu tanggal 17 Januari 2021 Pemerintah Desa Lengkong ada kegiatan pemugaran gapuro pintu masuk makam Tanjung Desa Lengkong. Gapuro makam ini sudah lama sehingga tahun ini sudah perlu perbaikan karena sudah beberapa periode  Kepala Desa belum pernah dipugar, oleh sebab itu pada kepemimpinan Kepala Desa Bpk Yashadi ini ada pemugaran.

 

Pemugaran gapuro makam tanjang Desa Lengkong

 

 

 

 

Hal ini karena kondisi bangunan sudah rusak  dan bangunannya tidak pas, sehingga nantinya bangunan akan dirubah dan digeser supaya  dapat dilalui mobil jenazah yang masuk dan dapat mendekati pemakaman. Gapuro ini awalnya adalah bangunan dari kayu itupun  bekas dari perumahan embung desa, namun seiring perkembangan jaman maka sedikit ada peerubahan tetapi sekarang sudah lapuh maka gapuro ini dirombak semuanya disesuaikan dengan keadaan sekarang.

 

 

 

gapuro dipangkas karean sidikit ada yang dibadan jalan warga

 

 

Dalam pemugaran Gapuro ini masyarakat secara sukarela membantu tenaganya untuk memperbaiki, agar pemugaran segera terwujud. Makam tanjung ini keberadaanya di tanah milik Desa namun bersebelahan dengan jalan Desa, karena gapuro ini awalnya sebagian menutupi jalan warga oleh sebab itu pemugaran ini sekalian memperbaiki juga menggeser lokasi agar jalan warga tidah terganggu dan sekligus mobil jenazah dapat masuk sehingga tidak menyulitkan para petugas makan dalam proses pemakaman jenazah.

 

 

 

 

 

Gapuro digeser agar tiadk menutupi jalan warga ke lokasi pertanian

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan