Pembuatan Enzim Alami Guna Merangsang Menambah Nafsu Makan Ikan Dengan Bahan Alami Secara Tradisional

LENGKONG, 07 JANUARI 2021.

Pembuatan enzim bahan dasar buah pepaya
Setelah dihaluskan dimasukkan kedalam botol bekas selama 4 hari

lengkong-batangan.desa.id- Di Desa Lengkong ada kegiatan Kelompok Tani Pembudidaya Ikan Bandeng yang bernama Kelompok Budidaya NILASARI membuat Enzim dari bahan dasar buah pepaya yang sudah busuk dan buah nanas agar ikan maupun udang pada waktu dikasih makan pelet dengan protein rendah pun setelah dikasih enzim yang dicampurkan ke pakan pelet,  ikan maupun udang nafsu makannya bertambah sehingga mempercepat pertumbuhannya waktu. Dan  yang paling di tunggu waktu panennya lebih singkat.

 

 

 

setelah enzim bahan dasar buah nanas setelah dihaluskan dicampukan ke pakan ikan dan siap ditaburkan

Hal ini dilakukan setelah Kelompok Pembudidaya setelah  mengikuti Study Banding ke BBPBAP  Jepara bersama PPL Perikanan Kecamatan Batangan Bpk Hari Sampurna, S. Pi.  Mereka belajar kepada Bpk Ir.  Eric dari BBPBAP Jepara dialah pakar rekayasa genitika Perikanan di Balai Beasar Perikanan Budidaya Air Payau Jepara dan ahli dalam bidang membuat pakan secara tradisional.  Dan  mereka membuat Enzim untuk menambah nafsu makan ikan agar  lebih cepat pertumbuhannya sehingga waktu panennya  lebih singkat.

 

 

Proses penghaluasan buah pepaya dan nanas untuk bahan enzim alami

Setelah memperhatikan penyuluhan dari Bpk Ir. Eric , arahan Penyuluh Perikanan Kecamatan Batangan dan juga karena harga pakan ikan, udang yang terlalu mahal selalu naik maka mereka berinovasi membuat pakan secara tradisional sekalian membuat enzim agar ikan maupun udang peliharaannya cepat pertumbuhannya sekaligus mempersingkat waktu panennya.

 

 

 

 

Pembuatan enzim dari bahan dasar buah pepaya yang sudah matang ataupun yang sudah membusuk kemudian diiris kecil-kecil lalu di blender dicampur air  setelah dihaluskan  kemudian dimasukkan ke botol bekas di diamkan selama kurang lebih 4 hari agar mengalami permentasi. Setelah 4 hari  pepaya hasil blenderan  dituang dicampurkan pakan ikan baru ditaburkan diberikan  kepada ikan maupun udang.

 

bahan dasar dicampur dengan air lalu dihaluskan

 

 

 

Dan juga pembuatan enzim dari bahan dasar nanas prosesnya hampir sama tetapi kalau bahan dasar nanas  tanpa permentasi, setelah dihaluskan langsung dicampurkan ke pakan itu sudah dapat sebagai enzim.  Buah pepaya mengandung enzim papain, yang memecah protein menjadi pembangun, termasuk asam amino. Mempermudah proses pencernaan pada ikan maupun udang sehingga menambah nafsu makan yang banyak akhirnya pertumbuhan lebih cepat. Pada buah nanas  mengandung enzim Bromelin yang berfungsi untuk pencerna protein sebagai biokatalisator sel makluk hidup.

 

proses penghalusan bahan-bahan

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan