Pembuatan Pakan Ikan Dan Udang Kelompok Budidaya Ikan “Nilasari” Desa Lengkong Kecamatan Batangan

LENGKONG, 05 JANUARI 2021.

lengkong-batangan.desa.id– Di Desa Lengkong Kecamatan hari ini Selasa Tanggal 5 Januari 2021 ada kegiatan dari Kelompok Budidaya ikan Nilasari membuatan pakan ikan berupa pelet secara mandiri. Hal ini dilakukan karena harga pakan (pelet) yang sangat tinggi dan tidak di imbangi dengan harga jual ikan  pada waktu panen yang harganya semakin tidak menentu, maka kelompok pembudidaya ikan Nilasari  ini mempunyai gagasan membuat pakan ikan sendiri dengan bahan lokal yang tersedia dengan mudah didapatnya.

 

 

 

Pembuatan pakan ikan dibimbing bpk Hari Sampurna, S. Pi selaku PPL Perikanan Kecamatan Batngan

Dengan bimbingan dari Pegawai Petugas Lapangan(PPL) wilayah Kecamatan Batangan Bpk Hari Sampurna, S.Pi selaku PPL Perikanan Kecamatan Batangan selalu memberikan bimbingan dan motivasi kepada Kelompok Pembudidaya ikan Nilasari Desa Lengkong agar mereka membuat pakan ikan sendiri yang kualitasnya lebih baik dari pada pakan pabrikan.

 

 

 

 

Kelompok Pembudidaya Ikan Nilasari memperhatikan dengan seksama dengan bimbingan PPL

Hal ini karena memakai formula yang  tepat dan bahan-bahan  utama yang berkualitas baik, murah dan mudah didapat ditempat. Pembuatan pakan Ikan ini dipandu dari PPL Perikanan Kecamatan Batangan Bpk Hari Sampurna, S. Pi karena beliau  ahli dalam bidang inovasi dalam pembuatan pakan yang kuwalitasnya tidak kalah dengan buatan pabrik dari segi kuwalitas protein lebih tinggi dibanding buatan pabrik karena protein lebih tinggi dengan biaya lebih murah

 

 

 

Setelah fomula bahan-bahan sudah tepat kemudan bahan diaduk lalu dicetak

Karena dimasa Pandemi Covid  ini harga pakan ikan semakin membumbung tinggi sedangkan harga jual ikan dipasar tidak begitu tinggi sehingga para petani hasil panen nya dihabiskan untuk biaya pembelian pakan pelet dari toko. Dengan berawal dari situlah para petani khususnya Kelompok Pembudidaya ikan bandeng didaerah pesisir Kabupaten Pati  khususnya di Kecamatan Batangan. Dan dengan motivasi dari PPL Perikanan Kecamatan Batangan agar petani membuat pakan sendiri, karena bahan lokal tersedia mudah didapat dan harga lebih murah menghasilkan kuwalitas baik dengan protein tinggi.

 

 

Pembuatan pakan ikan secara maniri dengan protein 30%
Para anggota kelompok mempraktekan setelah mendapat setelah mendapatkan bimbingan dari PPL

Kemudian Kelompok pembudidaya ikan bandeng ada  semangat  untuk membuat pakan ikan sendiri dengan bahan lokal yang harganya murah  dan mudah didapat. Karena bahan-bahan utama dalam pembuatan pakan ikan dengan fomula antara lain: Tepung ikan kandungan protein 50% , tepung kedelai kandungan protein 30%, dedak halus kandungan protein 11 %, tepung terigu kandungan protein  9%, tepung jagung kandungan protein 8,5%. Sedangkan bahan tambahannya antara lain: tepung aci 5 %, vitamin 2 %, mineral  1%. Dan ada tambahan enzim bahan alami yang mudah didapat dan mudah dibuat dari buah pepaya yang sudah busuk.

 

Anggota mempraktekan membuat pakan ikan yang nantinya akan mereka kembangkan sendiri

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan