Penanaman Api-api (Avicennia) Memasuki Hari Ke Lima Di Lokasi Pesisir Pantai Desa Lengkong

LENGKONG, 27 DESEMBER 2020.

lengkong-batangan.desa.id- Pada hari ini Minggu tanggal 27 Desember 2020 Kelompok Tani Alam Lestari Desa Lengkong memasuki hari ke Lima dalam  penanaman bibit Api-api (Avicennia) Dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Program  Padat Karya Tahun 2020. Hal ini segera diselesaikan karena kemarin tergendala adanya ombak yang sangat  besar dan arusnya sangat kencang  tidak memungkinkan  untuk penanaman.

 

 

Penanaman dilakukan menggunakan alat bantu sampan karena kondisi lokasi masih berlumpur

Dan ombaknya pun membawa lumpur yang sangat tebal sehingga sulit menanam pohon api-api diatas lumpur. Pekerja memerlukan tenaga yang ekstra untuk melakukan pekerjaan ini. Sebenarnya mereka sangat mengeluh tetapi dengan semangat yang tinggi tetap dilakukan pekerjaan ini dengan harapan pohon mangrove yang mereka tanam agar cepat  tumbuh seperti semula.

lokasi berlumpur yang masih dalam

 

Karena pada tahum 2011 sampai tahun 2016 Mangrove di pesisir Desa Lengkong sudah tumbuh lebat, hampir sepanjang pantai Desa Lengkong yang panjangnya 1,5 km dengan lebar 125 m. Namun karena diterjang gelombang pasang yang bsar dan arus yang kencang mengakibatkan pohon yang sudah berdiameter 15 cm itu tumbang sampai keakar-akarnya tidak tersisa.

 

pekerja saling mebantu karena beratnya medan penanaman
Dengan telaten para pejkerja menanam sambil mengikat pohon dengan ajir

Dan dengan adanya Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya Mangrove ini Kelompok Tani Mangrove Alam Lestari Desa Lengkong sangat berterima kasih kepada Pemerintah dalam hal ini  BPDAS HL Pemali Jratun Provinsi Jawa Tengah yang memberi Bantuan Penanam bibit Api-api (Avicennia) dan Alat Penahan Ombak( APO).

 

 

 

 

pekerja sangat sabar menanam dalam kondisi berlumpur

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan