Penanaman Bibit Api-api (Avicennia) Dilokasi Lumpur Yang Sangat Tebal Di Pesisir Desa Lengkong

LENGKONG, 26 DESEMBER 2020.

Penanaman bibit mangrove mengalami kendala ada lumpur yang datang bersamaan ombak air pasang malam hari

lengkong-batangan.desa.id- Pada hari ini Sabtu tanggal 26 Desember 2020 Kelompok Tani Mangrove Alam Lestari Desa Lengkong Kecamatan Batangan  menanam bibit Api-api (Avicennia) melanjutkan  Penanaman Mangrove Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN ) Program Padat Karya Mangrove Tahun 2020. Karena lokasi yang lumpurnya yang sangat tebal akibat air pasang yang membawa lumpur.

 

 

Pekerja saling bantu membatu untuk penanaman ini karena lumpur baru datang malam hari
Penanaman memakai alat bantu sampan supaya dapat diangkut kepantai yang berlumpur

Karena dibulan ini air laut pada waktu air pasang membawa lumpur, sekarang  baru datang lumpur  dibawa oleh  ombak, oleh  sebab itu para pekerja mengalami kesulitan dalam menanam bibitApi-api ( Acivennia). Para pekerja mengeluh karena sulitnya medan disamping itu lumpurnya yang datang sangat tebal sehingga pekerja mengalami kesulitan menanam, sehingga pekerja  dengan memakai alat bantu papan untuk berjalan diatas lumpur.

 

 

Tanaman yang sudah ditanam kemudian satu-persatu diikat ke ajir dengan tali rafiah agar kuat biarpun ada ombak yang datang

Karena penanam ini bersamaan musim penghujan dan sekaligus  cuaca laut jawa sedang mengalami ombak atau gelombang pasang yang  sangat besar membawa lumpur, maka akibatnya Pantai Jawa khususnya Kabupaten Pati sebelah Timur tepatnya di Kecamatan Batangan,  ada 7 Desa yang terdampak lumpur antara lain Desa Pecangaan, Desa Mngun Legi, Desa Lengkong, Desa Jembangan, Desa Bumimulyo, Desa Ketitang Wetan dan Desa Raci. Yang termasuk salah satunya Desa Lengkong yang kena dapak akibat ombak yang membawa lumpur yang sangat tinggi.

 

 

 

Ditanaman agak berdekatan tanamannya agar kalau nantinya tumbuh supayan dapat menahan gelombang pasang
Ditata rapi agar pada tumbuh nanti dapat hidup rimbun

Sehingga pada saat ini Kelompok Tani Mangrove  menanam bibit Api-api (Avicennia ) mengalami kesulitan karena lumpur yang baru datang  masih encer belum bisa ditanami. Kalaupun dipaksakan hasilnya tidak baik pohon bisa tenggelam lumpur, akhirnya pohon mati dan pekerjanya hanya sia-sia menguras tenaga menanam bibit mangroveyang sangat besar dan  tidak ada hasilnya.

 

 

 

Yang paling dipikirkan Kelompok Tani Alam Lestari adalah dana baik penanaman bibit maupun  upah pekerja kalau andaikata itu dipaksakan. Oleh sebab itu Kelompok Tani Alam Lestari Desa Lengkong memohon Kepada BPDAS HL Pemali Jratun agar diberi kelonggaran menanam sampai lumpurnya sudah agak padat sehingga sudah dapat ditanami Pohon Mangrove. Sehinga menghasilkan tanaman dapat tumbuh baik dan akhir manfaat yang sangat besar yang  didapat dirasakan oleh petani tambak khususnya dan umumnya masyarakat Desa Lengkong.

 

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan