Pengambilan gambar Lokasi Jalan Produksi Paeman oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Menggunakan Alat Dron

LENGKONG, 19 DESEMBER 2020.

lengkong-batangan.desa.id- Hari ini Sabtu Tanggal 19 Desember 2020 Desa Lengkong ada kegiatan pengambilan gambar lokasi jalan produksi  jalan Paeman yang baru dibangun dengan menggunakan alat dron oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati. Hal ini dilaksanakan untuk melengkapi  laporan pertanggung jawaban atas bantuan Pembangunan Jalan Produksi Jalan Paeman yang baru dibangun.  Pembangunan jalan ini Anggaran Biaya Tambahan Bantuan  Program Pemulihan Ekonomi Nasianal (PEN) melalui Progran Pengembangan Usaha Garam Rakyat (PUGar) pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati Tahun anggaran 2020.

 

 

 

Pengambilan gambar lokasi jalan produksi dengan gron

Sarana yang para petani butuhkan antara lain jalan, saluran, Gudang Garam Rakyat dan jembatan untuk memerperlancar aktifitas pergaraman. Dengan dibangunnya jalan ini dapak positifnya antara lain :

1.Ditengah kondisi Covid  petani merupakan sektor yang terdampak, sehingga dengan dibangun jalan ini mempermudah akses petani     ke tambak  baik tambak garam maupun tambak ikan.

2.Pada musim penghujan sebelum dibangun petani mengalami kesulitan karena akses jalan  yang belum bagus dan sulit, tetapi           setelah  dengan dibangun jalan ini petani dapat mengangkut barangnya untuk dijual kepada pedagang atau pengepul.

3.Biaya angkut yang tinggikarena akses jaln yang sulit juga merupakan faktor  penentu haraga, dengan adanya jalan produksui yang      baik dapat mengurangi ongkos angkut garam.

 

 

para petani desa Lengkong foto bersama dilkasi jalan produksi
pengambilan gambar dengan gron mulai titik awa ssampai terakir sejauh 762 m

Ada dampak positif tetapi juga ada permasalahan yang bertahun-tahun yang dihadapi para petani yaitu jalan produksi, karena akses jalan produksi tidak hanya satu  dad beberapa jalan yang kondisinya belum bagus melainkan masih berupa tanah. Jika pada musim penghujan tidak bisa dilalui baik pejalan kaki ataupun memakai kendaraan. Hal inilah yang masih dikeluhkan masyarat Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabuapaten Pati.

Permasalahan yang kedua para petani masih mengeluh kaitan haraga garam di petani masih rendah berkisar antara Rp 300-Rp 400/kg, hal ini yang masih menjadi keprihatinan petani.  Pemerintah mengembar-gemborkan petani disuruh membuat garam dengan kualitas baik disisi lain harga garam tidak diimbangi dengan harga garam yang baik, hal inilah yang menjadi para petani turun semangat membuat garam dengan kulitas baik.

 

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@gmail.com

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan