Kerja Bakti Membersihkan Lingkungan Di RT 04, RT 05- RW 01 Desa Lengkong

LENGKONG, 11 DESEMBER 2020.

Kerja bakti membersihkan saluran dan tanaman liar yang tumbuh menyumbat saluran

lengkong-batangan.desa.id– Hari ini Jum’at tanggal 11 Desember 2020 warga RT 04 dan warga RT 05 RW 01 Desa Lengkong bersama-sama melaksanakan kegiatan kerja bakti untuk membersihkan saluran, pekarangan yang ditumbuhi tanaman liar. Hal ini dilakukan karena musim penghujan sudah tiba untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang diakibatkan karena saluran yang tidak lancar dan sampah-sampah yang menyumbat pada saluran rumah tangga khususnya.

 

 

Bekerja Bakti lingkungan RT04 Dan RT 05 RW 01 dengan menebang tumbuh-tumbuhan yang menjadi penyumbat saluran sehingga tidak lancar.

Daerah ini memang menjadi langganan banjir setiap tahun, karena yang lebat sebentar saja permukiman ini tergenang air, hal ini dikarenakan saluran yang tersumbat  sampah rumah tangga tidak pada tempatnya membuang sehingga saluran sering tersumbat  mengakibatkan air tidak lancar akhirnya mengenangi permukiman.

 

 

Kerja bakti membersihkan saluran yang tersumbat sampah
membersihkan selokan yang dangkal dan membersihkan sampah dalam selokan

Kerja bakti ini diinisiasi oleh anggota BPD yang bernama Usman anak muda yang peduli kepada lingkungannya agar tidak terjadi banjir dan lingkungan tetap bersih tidak menjadi sarang nyamuk yang mengakibatkan warga sakit. Oleh sebab itu  hal ini disampaikan kepada Pemerintah Desa Lengkong lewat Perangkat Desa dan diamini oleh warga akhirnya hari ini terlaksana kerja bakti bersama dua RT sekaligusRT 04 dan RT 05 RW 01 digabung menjadi satu biar ada rasa tanggung jawab bersama antara warga untuk mengatasi permasalahan lingkungan.

 

 

 

 

membersihkan saluran yang dangkat akibat sampah yang berserakan

Mereka bersama-sama membersihkan saluran yang ditumbuhi tanaman yang rindang, membersihkan sampah -sampah berserakan dan ada yang mengankut sampah yang sudah dikumpulkan warga dibuang ketempat sampah. Mereka dengan kesadaran penuh  tanpa ada komando  siapapun serentak bersama melaksanakn kerja bakti.

 

 

 

membersihkan sampah -sampah di jalan

Hal ini menandakan warga desa masih kental sifat kegotong royongan yang dimiliki, saling bantu -membantu tolong-menolong dalam segala hal. Sifat saling membantu ini ditunjukkan  dalam bekerja bakti terlihat ada yang membersihkan rumput ada yang menyapu kemudiansampah terkumpul ada yang membuang sendiri, sifat  toleransi yang demikian paerlu dipupuk agar tidak luntur dikemudian haridan dapat ditiru anak cucu kita nantinya.

membersihkan saluaran agar air lancar jalannya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@sideka.id

 

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan