Pembuatan Larikan Ajir Dan Penanam Pohon Mangrve Api-api ( Avicennia ) Di Pesisir Desa Lengkong

Lengkong, 10 Desember 2020.

PEMBUATAN LARIKAN DAN PENANAMAN POHON API-API (AVICENNIA ) DI PESISIR PANTAI DESA LENGKONG

 

 

 

Penanaman pohon api-api di tepi pantai desa lengkong oleh kelompok Tani Alm Lestari
Penaman pohon api-api sekaligus pemberian ajir penguat tanaman

lengkong-batangan.desa.id. Di Desa Lengkong pada hari ini Kamis tanggal 10 Desember 2020 Kelompok Tani Mangrove Alam Lestari mulai penanaman pohon  Avicennia (api-api) dilokasi pantai Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati.  Para pekerja  mulai menanam pohon api-api (brayo) disepadan pantai Desa Lengkong  dengan bersama-sama dengan dimulai pembuatan larik-an dan menancapkan ajir sebagai penguat tanaman yang baru ditanam agar tidak roboh atau tumbang kalau kena terpaan ombak atau angin.

 

 

Pembuatan Larikan untuk penguat tanaman api-api
Pekerja ada yang buat larikan dan ada yang tanam api-api /brayo

Pekerjaan ini membutuhkan tenaga yang kuat karena lokasi berlumpur yang sangat dalam apalagi cuaca musim penghujan semuanya serba sulit. Penanam ini segera dimulai karena sebentar lagi puncaknya musim penghujan, sesuai informasi dari BMKG Klimatologi Klas I Semarang  diprakirakan bulan Januari -Pebruari 2020 puncak musim penghujan, oleh sebab itu segera ditanam agar pada waktu musim penghujan tanaman sudah tumbuh kuat.

 

 

 

Penanam pohon Api-api/Brayo (Avicennia) ini adalah bantuan dai BPDAS HL Pemali Jratun Provinsi Jawa Tengah dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasianal (PEN ) Padat Karya Mangrove Tahun 2020. Desa Lengkong mendapatkan bantuan 40.000 batang bibit Avicennia di tanam di lokasi pantai seluas 4 hektar.

 

 

 

 

Menanam pohon api-api dilokasi pantai desa lengkong

Para pekerja berusaha sekuat tenaga agar penanam pohon mangrove berhasil dengan baik karena medan yang berat cuaca yang tidak mendukung perlu tenaga yang ekstra untuk penanaman ini. Demi terwujudnya hutan mangrove yang tumbuh subur  para pekerja setiap menanam satu pohon terus diikuti dengan pengikat tali ke batang pohon dengan ajir yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

 

 

 

Menanam sekaligus langsung diikat dengan tali ke ajir

Harapan dari kelompok Tani mangrove ALam Lestari Desa Lengkong semoga Program Pemulihan Ekonomi Nasional(PEN) Tahun yang akan datang dapat berkelanjutan karena  tahun ini belum dapat menjangkau keseluruhan lokasi  mangrove rusak akibat gelombang pasang yang sangat besar. Dan medah-mudahan pohon Avicennia (Brayo) yang ditanam ini dapat hidup dengan baik tanpa ada gangguan apapun baik gelombang pasang maupan cuaca yang lain misalnya angin kencang ataupun kerusakan akibat ulah manusia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@sideka.id

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan