Pengangkutan Bibit Mangrove Avicennia (Brayo) Ke Kawasan Pantai Desa Lengkong

Lengkong, 09 Desember 2020.

lengkong-batangan.desa.id.  Hari ini Rabu tanggal 09 Desember 2020 Kelompok Tani Mangrove Alam Lestari Desa Lengkong melakukan kegiatan pengangkutan bibit Mangrove Avicennia ( Brayo ) yang akan ditanam dikawasan pantai Desa Lengkong yang mengalami kerusakan akibat gelombang pasang yang sangat tinggi dan besar.

 

 

Kawasan pesisir pantai Desa Lengkong yang hancur kena gelombang pasang yang besar tanaman mangrovenya hilang

Hari ini para pekerja mengangkut bbit tersebut dengan hati-hati karena musim penghujan jalannya licin dan bibitnya belum begitu besar  dikawatirkan tangkai nya putus. Dari suplayer diangkut memakai  mobil kemudian diteruskan para pekerja menggunakan kendaraan roda dua untuk sampai kelokasi penanaman.

 

 

 

 

Sambil dicek jumlanh bibit yang dikirim dari suplayer

Karena jalan menuju Pantai lokasi penanaman masih sempit dan mash tanah sehingga pada musim penghujan tidak dapat dilalui kendaraan roda empat dan hanya kendaraan roda dua. Penanam Mangrove ini Bantuan dari BPDAS HL Pemali Jratun Provinsi Jawa Tengah dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasioanal (PEN) Padat Karya Mangrove Tahun 2020.

 

 

pekerja memasukkan bibit kedalam keranjang untuk dibawa ke pantai untuk ditanam

Desa Lengkong salah satu dari 29 Desa di Provinsi Jawa Tengah dan 7 Desa di Kecamatan Batangan yang mendapatkan Program PEN Tahun 2020 ini. Dengan harapan dengan adanya Program PEN ini dapat memulihkan kawasan pesisir pantai Desa Lengkong yang awalnya tanaman mangrove tumbuh subur menjadi pulih kembali seperti semula.

 

 

Para pekerja menurunkan bibit mangrove dari mobil untuk diangkut memakai roda dua.
Kawasan pantai Desa Lengkong yang kena ombak pasang

Dan harapann yang paling ditunggu-tunggu  adalah Program PEN Tahun yang akan datang  dapat dilanjutkan sampai Kawasan Pantai Desa Lengkong pulih kembali, tanaman Mangrove dapat tumbuh dengan baik terutama tanaman Avicennia maupun Rhizopora Sp sehingga manfaat Mangrove ini selain dapat  mengurangi abrasi pantai dapat tumbuh berkembang biak  phyitoplankton  maupun zooplanton, terutama benih-benih ikan air laut.

 

 

 

Tinggal sebagian tanaman mangrove yang tersisa

 

 

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@sideks.id

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan