Petani Mulai Mengerjakan Lahannya Untuk Ditanami Bibit Tebu

Lengkong, 22 November 2020.

Pekerja menyiakan bibit-bibit muda untu ditanam
Pekerja mulai menanam bibit tebu dengan memilih bibit yang baik

lengkong-batangan.desa.id.   Di Desa Lengkong para petani tebu memulai menanam bibit  tebu disawah garapan mereka. Karena bulan ini musim hujan sudah tiba sehingga para petani tebu menanam tebu, karena lahan mereka pada waktu kemarau  sudah dipersiapkan dengan membuat larik an-larik an,  kini tinggal menanam bibit yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Petani Tebu dengan dibantu beberapa  pekerja untuk menanamnya.

Hal ini  dilakukan seorang petani tebu yang bernama Yohadi dari warga  Bulumulyo yang menyewa lahan sawah di Desa Lengkong.  Sekarang baru memulai menanam bibit tebu karena sudah turun hujan sehingga tidak kuwatir tebu akan mati. Dia sudah bertahun-tahun menjadi petani tebu dan berhasil dengan sukses  karena pada waktu tebang tebu tetolong dengan  harga gula melonjak dipasaran.

 

Sebenarnya lahan sawah di Desa Lengkong memang cocok untuk ditanami tebu hal ini dapat terlihat petani yang menanam tebu semuanya terlihat subur dan tebunya agak besar-besar sehingga pada waktu tebang rendemenya tinggi dan dapat menghasilkan gula yang lebih banyak. Yohadi asal Desa Bulumulyo mengatakan bahwa  petani tebu kalau dapat mengolah lahan dengan  baik dan perawatannya tepat dapat menghasikan tebu yang baik dan rendemennya tinggi sehingga menghasilkan gula banyak dan baik.

pekerja d ada yang menanam ada yang meng urug tanah

 

Para pekerja penanam tebu ini sudah mahir dalam penanamannya sehingga pekerja selau di manfaatkan tenaganya sebagai penanam sekaligus nantinya sebagai penebang tebu pada musim tebang. Hal ini yang dilakukan petani yang bernama yohadi karena kalau pekerja baru masih memberi contoh cara penanaman yang baik.

 

Pekerja dengan bergotong royong mengerjakan penanaman

Oleh sebab itu saya selalu memakai pekerja yang kawakan itu yang dikatakan Yohadi. Pada penanam  mesti harus dipilih tebu yang masih muda-muda karena agar menghasilkan persemaian yang baik. Dan tebu yang ditebang itu disemaikan sampai 3 musim tebang. Jika bibitnya sudah tua akan menghasilkan tebu yang kecil-kecil dan rendemen yang dihasilkan sedikit.

 

 

Pekerja mulai menanam bibit tebu

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@sideka.id

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan