Pembuatan Saluran Irigasi Tepi Jalan Produksi Di Desa Lengkong Kecamatan Batangan

Lengkong, 21 November 2020.

Pembangunan irigasi dekat jalan produksi lokasi rt01 rw 03 desa lengkong

lengkong-batangan.desa.id. Pemerintah Desa Lengkong disaat akan mulai musim penghujan ini sudah berbenah diri dengan membangun dan memperbaiki saluran irigasi  pertanian  sawah yang rusak dan membangun irigasi baru. Karena penduduk Desa Lengkong hampir 50% lebih bekerja sebagai petani, baik petani sawah maupun petani tambak.

Oleh karena itu program Pemerintah Desa Lengkong dititik beratkan pada infrastruktur pertanian baik pertanian sawah maupun pertanian tambak. Hal ini dapat dilihat dari pembangunan saluran irigasi sawah dan pembangunan jalan produksi tambak.

 

Para pekerja memplester pondasi atas agar tidak mudah rusak

Disaat ini pembangunan dititik beratkan pada pembangunan saluran irigasi  sawah ditepi jalan produsi karena sawah di Desa Lengkong adalah sawah tadah hujan yang hanya setahun sekali panen. Dan musim-musim berikutnya hanya dapat ditanami polowijo, misalnya jagung, kacang dan tanaman lainnya. Pembangunan irigasi ini bantuan Anggaran Aspirasi Tahun 2020. Di kerjakan oleh TPK dan swakelola dengan pekerja melibatkan warga desa yang mempunyai keahlian sebagai tukang batu.

 

 

Saluran progresnya 80 % hampir selesai

Dengan dibangunnya saluran irigasi ini yang pertama air hujan dan air kiriman dari desa lain, air  dapat mengalir dengan lancar tanpa hambatan.  Yang kedua jika curah hujan terlalu tinggi maka saluran  ini dapat membuang air bah atau air kiriman dari desa lain dapat dibuang kelaut.

 

Pekerja saling bantu membantu dalam pengerjaan ini

Selam ini memang harapan dari petani sendiri agar dibuatkansaluran yang baik agar suplai air kesawah itu tidak ada gendala,  Dan yang kedua agar dibangunkan jalan produksi di lokasi sawah dengan harapan pada musim penghujan petani dapat mengangkut hasil panen padi atau polowijo.

 

 

 

 

legimanmuhlis@sideks.id

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan