Normalisasi Saluran Irigasi dan Saluran Rumah Tangga Di Desa Lengkong Kecamatan Batangan

Lengkong, 13 November 2020.

Normalisasi Saluran Irigasi dan Saluran Rumah Tangga Di Desa Lengkong Kecamatan Batangan

 

 

Dengan bantuan alat berat Exavator mengeruk saluran yang dangkal

lengkong-batangan.desa.id- Pemerintah  Desa Lengkong mulai berbenah diri mulai membenahi saluran irigasi dan saluran rumah tangga  dengan maksud dan tujuan agar menghadapi musim penghujan yang sebentar lagi tiba,  agar air hujan maupun air kiriman dari Desa lain itu lancartidak ada hambatan dan dapat dimanfaatkan para petani sawah karena sawah di Desa Lengkong adalah sawah tadah hujan dan hanya mengharapkan turun hujan para petani menanam padi. Biarpun tanaman padi bukan tananam air, tetapi kalau kekurangan air pun padi tidak dapat tumbuh dengan baik.

 

Karena tanahnya keras maka memakai bantuan alat berat

Maka saluran yang baik itu dapat membantu para petani, agar air yang lewat melalui saluaran dapat dimanfaatkan para petani  mengairi sawah mereka. Dan saluran ini  nantinya ada fungsi yang pertama air yang ada disaluran dapat dipakai untuk mengairi sawah pertanian dan yang kedua fungsi saluran jika musim penghujan dengan intensitas curah hujan tinggi saluran ini dapat dipakai untuk membuang air yang berlebihan ke laut.

 

 

Petugas mengarahkan pada operator alat berat tentang kedalaman dan lebar saluran

Karena musim penghujan hampir tiba maka semua saluran irigasi yang ada di Desa Lengkong terutama  saluran rumah tangga  semua dibenahi agar pada waktu musim penghujan tiba sudah tidak ada air yang menggenangi permukiman warga dan saluran irigasi juga dibenahi agar airnya dapat dimanfaatkan oleh para petani untuk mengairi sawah mereka.

Exavator mengeruk mengenai paralor air minum warga yang dipasang berdekatan dengan saluran
Dengan hati-hati operator alat berat mengeruk saluran yang dekat dengan saluran paralon warga

Agar pekerjaan cepat selesai dan karena musim kemarau tanah yang masih keras maka dalam pengerukan saluran memakai alat berat yaitu bego. Dengan bantuan alat berat itu nanti nya pekerjaan cepat selesai dan tidak sampai musim penghujan tiba.

 

 

legimanmuhlis@sideka.id

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan