Petani Bawang Merah Musim Pancaroba Mulai Mengerjakan Sawahnya Untuk Di Tanami Bawang Merah

Lengkong, 11 November 2020.

 

Petani Bawang Merah Musim Pancaroba Mulai  Mengerjakan  Sawahnya Untuk Ditanami Bawang Merah’

 

lengkong-batangan-desa.id–  Petani Bawang Merah di Desa Lengkong mulai mengerjakan sawahnya yang akan ditanami bawang merah. Karena Bawang Merah pada musim ini harga nya sangat bagus dipasaran. Lahan sawah di Desa Lengkong sebenarnya bagus dan cocok untuk ditanamani bawang merah terbukti pada musim tahun lalu  seorang petani bawang merah bernama Teguh Prasetyo dan istrinya Susanti berhasil menanam bawang merah dengan hasil panen yang berlipat ganda dengan modal awal  Rp 5.000.000; bisa mendapatkan hasil panen penjualan kotor Rp 40.000.000;

 

Mulai mengerjakan sawah untuk ditanami bawang merah

Hal ini disampaikan petani bernama Teguh Prasetyo bersama istri nya Susanti.  Teguh Prasetyo adalah pasangan muda yang baru berumah tangga dan belum dikarunia putra, tetapi jiwa semangat bekerja sangat tinggi tanpa patang menyerah. Dia penah bekerja di luar negeri sebagai TKI tetapi sekarang sudah tidak kembali menjadi TKI lagi.

 

 

 

Membuat larikan untuk untuk tanaman bawang merah

Dia memutuskan untuk menjadi petani bawang merah dan dengan dibantu oleh 6 orang  tenaga kerja dia memulai mengerjakan sawah untuk ditanami bawang merah. Awal nya  mencoba-coba untuk tanam bawang merah,  ternyata dia berhasil dan hasilnya pun sangat memuaskan.

 

 

Membersihkan rumput atau tanaman lain yang menggangu tanaman bawang merah

Kemudian sekarang dia mengembangkan usahanya dengan menyewa lahan sawah milik tetangganya yang sekarang baru memulai mengerjakan persiapan untuk ditanami bawang merah lagi. Ilmu menanam bawang merah didapat dari dia bekerja menjadi TKI setelah pulang tidak kembali lagi menjadi TKI dia mencoba mempraktekkan ilmu nya yang pernah ia dapatkan dari merantau di luar Negeri  menanam bawang merah. Sekarang dia tekuni usaha pertanian ini dengan menanam bawang merah lagi.

 

 

Membuat bedengan supaya tanaman tidak tergenang air pada musim penghujan

Dengan adanya covid-19 ini ada sedikit dampak menanam bawang merah karena pada waktu panen suasana covid  harga bawang merah sempat turun drastis, namun sekarang berangsur-angsur mulai membaik dan semoga pada waktu panen nanti harga tetap membaik.

Disamping membuat bedeng juga membuat saluran air supaya air tidak mengenangi tanaman bawang merah nantinya

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@sideka.id

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan