Pembuatan Saluran Rumah Tangga ( Drainase ) Di Desa Lengkong Kecamatan Batangan

Lengkong, 11 November 2020.

 

 

Pembuatan Saluran Rumah tangga menuju Saluran Irigasi Desa Lengkong lokasi RT 02 RW 01 Sampai lokasi RT 04 RW 02.

Pembuatan saluran rumah tangga menuju saluran irigasi

lengkong-batangan.desa.id– Pemerintah Desa Lengkong disaat ini membangun saluran dari saluran rumah tangga  menuju saluran irigasi yang lokasi di Rt 02 Rw 01  sampai ke lokasi saluran irigasi  di Rt 04 Rw 02 sebagai akhir pembuangan air  dari rumah tangga. Hal ini dilakukan karena saluran rumah tangga banyak yang buntu sehingga air tidak dapat mengalir menggenangi permukiman warga dan air mengalir ketempat-tempat yang dataran rendah.

 

Pekerja mengaduk material yang akan dipasang disaluran

Dengan harapan setelah dibangunnya saluran ini nantinya tidak ada genangan air dipermukiman warga sehingga lingkungan tetap terjaga kebersihannya dan warga terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya menyerang kepada warga. Karena saat ini belum musim penghujan baru awal maka pekerjaan disegerakan agar pada waktu musim penghujan sudah dapat digunakan saluran ini.

Pekerja ada yang mengru tanah untuk salura yang nanti akan dipasang pondasi saluran

 

 

 

Pekerja mengaduk pasir dengan semen

Pembuatan Saluran ini atas bantuan Aspirasi Dewan dengan panjang kira-kira  hampir 160 m lebar 50 cm,  tinggi/dalam 50 cm dikerjakan dengan swakelola. Masyarkat menyambut gembira dengan dibangunnya saluran ini karena air tidak akan menggenangi permukiman mereka terutama dilokasi sekitar dibangunnya  saluran.

Saluran rumah tangga menuju saluran irigasi sebagian sudah jadi

 

 

Pekerja ada yang membelah batu agar dapat dipasang dengan rapi

Di saat masa pandemi Covid-19 ini para pekerja pun merasa gembira sebab di saat sulit mencari pekerjaan, mereka mendapatkan pekerjaan yang dapat menambah penghasilan mereka sehingga dapat mengurangi beban hidup yang mereka rasakan. Para pekerja kebanyakan tidak mempunyai pekerjaan tetap sehingga dimasa pandemi Covid-19 ini mereka sangat terdampak dari segi ekonomi maupun sosial. Hal inilah yang dirasakan para pekerja bangunan karena kebanyakan mereka sudah berkeluarga dan mempunyai tanggungan keluarga anak dan istri.

 

Pekerja tetap semangat dimasa pandemi covid-19 ini

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@sideka.id

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan