Pengangkutan Bahan Ajir Oleh Kelompok Tani Alam Lestari Ke Pesisir

Lengkong, 28 Oktober 2020.

Pengankutan Bahan  Ajir Kelompok Tani Mangrove Alam Lestari Ke Pesisir Desa Lengkong

 

 

 

Ajir yang akan dipakai bahan pelindung Tanaman

lengkong-batangan.desa,id-Kelompok Tani Alam Lestari Desa Lengkong hari ini tanggal 28 0ktober 2020 hari ini terakhir dalam pekerjaan padat karya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN ) Padat Karya Mangrove Tahun 2020. Mereka terakhir mengangkut bahan ajir alat pelindung tanaman Mangrove. Mereka sangat senang  karena pekerjaan yang ia laksanakan selesai tinggal menanti upah yang selama ini mereka memang tunggu-tunggu.

Pengangkutan ajir untuk pelindung tanaman mangrove

Merka menerima upah dihitug berdasarkan hok, satu hok ia bekerja selama 4 jam dimulai dari pukul 07.00 wib sampai pukul 11.00 wib dengan upah Rp 100.000;. Dengan sebegitu besar upah yang mereka terima nantinya setelah pekerjaan ini selesai, mereka sangat senang karena biasanya mereka sangat sulit mencari , pekerjaan apalagi kondisi covid-19 yang belum begitu reda. Pekerjaan yang ringan dengan upah yang besar itu sulit didapat dari pekerjaan lain seperti itu dianggap sudah begitu besar dan pekerjaan tidak terlalu berat,  karena dikerjakan bersam-sama.

 

 

Para Pekerja Padat Karya mengangkut Ajir ke Pesisir Desa Lengkong

 

Pekerja Padat Karya saling bantu membantu megangkut ajir ke pesisir

Hari terakhir mereka mengangkut ajir bahan pelindung tanaman yaitu Ajir sebanyak 40,000 batang yang nantinya akan dipakai  sebagai alat pelindung tamanan  Mangrove jenis avicennia ( brayo). Pengangkutan dua kali mengingat jalan begitu sempit  agak sulit dilalui moror roda dua memerlukan waktu agak lama. Sebab Desa Lengkong belum puya akses jalan produksi yang memadai yang belum layak.  Sehingga waktunya agak lebih lama dan membutuhkan  biaya yang lebih banyak juga.

 

 

 

 

 

 

legimanmuhlis@sideka.id

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan