Pembuatan Ajir Untuk Pelindung Tanaman Mangrove Kelompok Tani Alam Lestari

Lengkong, 26 Oktober 2020.

Pembuatan Ajir untuk Pelindung Tanaman Mangrove Kelompok Tani Alam  Lestari

lengkong-batangan.desa.id-Kelompok Tani Mangrove Alam Lestari Desa Lengkong pada hari ini Senin Tanggal 26 Oktober 2020, melaksanakan pembuatan ajir untuk pelindung tanaman mangrove jenis Avicennia yang akan ditanam di bulan November yang akan datang. Kelompok ini membuat ajir sebanyak 40.000 batang ajir sesuai dengan tanaman mangrove yang akan ditanam sejumlah 40.000 bibit Avicennia.

Ajir untuk pelindung tanaman mangrove

Tetapi juga ada masih mengangkut tunggak bambu dan ban bekas meneruskan pekerjaan kemarin yang belum selesai. Dalam pekerjaan ini pekerja selalu bergotong-royong untuk menyelesaikannya. Ajir ini sangat berguna sekali untuk melindungi tanaman yang baru ditanam, karena tanaman akarnya belum kuat sehingga ajir ini sangat penting untuk kelangsungan hidup tanaman karena terpaan angin, benturan ombak jika ada ajir  tanaman tetap tegak dan tidak roboh, sehingga peluang untuk hidup itu ada.

 

Ajir setiap 100 batang di ikat untuk mempermudah penghitungan

  Memang pekerjaan membuat ajir ini perlu ketekunan dan kesabaran, sebab ajir terbuat dari bambu utuh kemudian dipecah menjadi  kecil-kecil yang sangat banyak.  Ajir dibuat sepanjang 80 cm-100 cm dengan lebar lebar jari tangan agar pada waktu air pasang pun tidak tenggelam sehingga tanaman tetap aman tidak diinjak orang yang melaut.

Ajir dikumpulkan jadi satu mau diangkut ke pessir pantai

 Disampingitu juga   membuat ajir yang panjangnya 2 meter lebar dua jari,  untuk tanda di barisan tepi tanaman agar dapat di hitung  jumlah tanaman yang ditanam. Kemudian ajir dikasih tanda cat warna merah putih sehingga masyarakat tahu bahwa ajir ini yang nantinya dipakai batas yang akan di ikat dengan  pohon Mangrove dalam Padat Karya Mangrove Tahun 2020.

 

Ajir panjang 2 m dikasih warna cat merah putih

 

 

 

 

legimanmuhlis@sideka.id

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan