Pemasangan Alat Pemecah Ombak (APO) Di Pesisir Desa Lengkong oleh Kelompok Tani Mangrove Alam Lestari

Lengkong, 22 Oktober 2020.

Pemasangan Alat Pemecah Ombak (APO ) Di Kawasan Pesisir Desa Lengkong Batangan Oleh Kelompok Tani Alam Lestari.

Pemancangan Tunggak bambu dan ban bekas
Memasang tunggak dan ban bekas untuk pemecah ombak
Saling membantu Pekerja Padat Karya Mangrove kelompok tani Alam Lestari

lengkong-batangan.desa.id- Di Desa Lengkong pada hari Kamis tanggal 22 Oktober 2020 mulai mengerjakan pemancangan tunggak bambu dan ban bekas oleh Kelompok Tani Alam Lestari untuk pemecah /penahan ombak dalam rangka Program Pemulihan Ekonomi Nasiaonal ( PEN ) Tahun 2020. Program Padat Karya Penanaman Mangrove  Tahun 2020.  Mereka bekerja bersama-sama  menancapkan tunggak bambu yang panjangnya 2,5 meter -3 meter dan sekaligus memasang ban bekas. Sebagai antisipasi keadaan cuaca yang tidak menentu misalnya gelomban pasang yang tinggi angin laut yang kencang.

 

 

Kelompok Tani Alam Lestari Desa Lengkong menancapkan tunggak bambu

Medan yang sulit inilah pekerja padat karya harus bekerja extra kuat,   karena jalannya  yang berlumpur harus mengangkut bahan APO secara  estafet agar sampai lokasi pesisir,  sehingga memerlukan waktu agak lama untuk memasang APO di lokasi pesisir, bekerja  harus saling sambung menyabung secara estafet agar tenaganya ringan. Penancapkan bambu secara bergotong  agar bambu yang ditancapkan dapat sampai kedalaman yang dinginkan.   Bambu ditancapkan agak dalam sehingga jika  kena ombak tidak akan tercabut bambu dan bekasnya.

 

Pekerja saling bantu-membatu untuk sapai lokasi pemasangan

Bahan APO nya dipasang secara siksak agar ombak  menghantam APO  tidak terlau keras. Di buat serumpun artinya setiap  bergerombol baru dipisah  dengan jarak yang sama untuk memberi kekuatan bahan APO lainnya. Pembuatan alat penahan gelombang atau ombak ini agar setelah ditanami pohon mangrove, tanamannya aman dan dapat hidup dengan baik. Dengan semangat yang tinggi kelompok tani alam lestari ini bekerja. Dengan pantauan dan arahan  Petugas PPL  Kehutanan para pekerja padat karya ini bekerja memasang bahan penahan ombak.

 

 

legimamuhlis@sideka.id

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan