Kegiatan Pembinaan Dan Pemantauan Pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD) Dan Dana Desa (DD) Tahun 2020

Lengkong, 13 0ktober 2020.

Kegiatan Pembinaan Dan Pemantauan Pelaksanaan Alokasi Dan Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Tahun 2020 oleh Tim dari Dispermades Kabupaten Pati

Desa Lengkong pada hari ini Selasa tanggal 13 Oktober 2020,  ada monitoring dari Tim Dispermades dan pendampig Desa yang berkaitan dengan pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dan Desa( DD ) . Tim menanyakan tentang alokasi dana desa untuk pembangunan infrastrutuk misal nya pengaspalan jalan, pembuatan drainase, pembuatan talud dll.

Tim monitoring menanyakan apakah Alokasi Dana Desa dan Dana Desa  sudah tersalurkan berapa persen terhadap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan apakah  ada bukti  tertulis maupun dokumentasi pelaksanaannya. Kemudian Tim memeriksa  dokumen Desa melai dokumen perencanaan sampai realisasinya. Disamping itu Tim memeriksa dokumen Bantuan Keuangan  Provinsi maupun bantuan Keuangan Kabupaten.

Ketua Tim memeriksa dokumen mulai perencanaan sampai pelaksanaan dan pelaporan

Dalam pembinan dan pemantauan banyak hal yang disampaikan Tim kepada desa tentang mulai dari perencanaan , realisasi, sampai kepada laporan pertanggungjawaban harus dilaksanakan  dengan transparansi dan akun tabel karena dan pemerintah yang di peruntukan untuk masyarakat. Dlam pembinaan dan pemantauan ini Tim didampingi oleh Kasi Pembangunan Kecamatan,  Pendamping Desa dan Fasilitator Kecamatan.

Fasilitator dan Pendamping lokal Desa mendampingi Tim monitoring

Dalam penelitian berkas ada hal yang harus dilengkapi kaitannya dokumen laporan pertanggung jawaban, supaya dilengkapi  yang sehingga kalau ada Dinas lain yang ingin melihat sudah jelas tidak usah bertanya panjang lebar pun sudah dapat dimengerti. Dan kesimpulan disampaikan Tim dari Dispermades sudah baik tetapi perlu penyempuraan.

 

legimanmuhlis@sideka.id

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan