Majelis Mu’allimil Qur’an(MMQ ) Ke-53 KordinatorPendidikanAl Qur’an Metode Qiroati Cabang Pati

Lengkong, 11 Oktober 2020.

Majelis Mu’allimil Qur’an ke-53 Koordinator Pendidikan Al Qur’an Metode Qiroati Cabang Pati

Berada di Desa Lengkong Kecamatan Batangan, tepat di RT 03 RW 02 kegiatan Majelis Mu’allimil Qur’an (MMQ) ke-53 dilaksanakan. Peserta dalam MMQ ini para Ustad dan Ustadah yang sudah bersahadah yang boleh mengikuti kegiatan ini.

 

Ustad dan Ustadah yang sudah bershadah TPQ Lengkong Batangan
Membaca Al Qur’an secara berkelompok setiap zus yang menjadi tanggungannya

Kegiatannya antara lain membaca Al Qur’an bin nadhor 30 zus sampai khatam dan dibagi beberapa kelompok yang masing-masing kelompok terdiri beberapa Ustad dan Ustadah dan setiap ustad dan ustadah mendapatkan 2-3 zus sehingga satu kelompok dapat mengkhatamkan satu atau dua kali khataman. Setelah Kathaman acara dilanjutkan bacaan Tahlil yang dipimpin Kh Hasbullah Ridwan dan diikuti semua Ustad dan Ustadah.

 

Khataman berkelompok tiap-tiap ustad dan ustadah
Pembelajaran Metode Qiroati oleh ustad dan ustadah
Pengarahan oleh koordinator Kecamatan kepada ustad dan ustadah

Setelah selesai dilanjutkan dengan membelajaran Metode Qiroati yang dipandu oleh Korcam kepada Ustad dan Ustadah dengan belajar membaca dengan tartil dan makhorijul khuruf nya harus benar sehingga pada waktu Ustad dan Ustadah meberikan pelajaran kepada santri dan santriwati tidak salah, sehingga anak didiknya benar-benar menjadi anak didik yang pandai  membaca Al Qur’an dengan Tartil dan benar.

 

 

Kegiatan ini sebelum adanya pandemi Covid-19 ini dilaksanakan setiap Triwulan sekali secara anjangsana seluruh Kabupaten Pati.

Pembacan do’a dipimpin Kh Hasbullah Ridwan

Namun karena untuk pembatasan kerumunan jama’ah kemudian dilaksanakan ditiap-tiap desa masing-masing untuk memutus mata rantai peyebaran covid-19. Mereka melaksanakan kegiatan ini teap mengikuti protokol kesehatan dengan cuci tangan, memakai masker dan  jaga jarak. Setelah selesai kegiatan ditutup dengan bacaan do’a oleh kh Hasbullah Ridwan selaku koordinator Kecamatan Batangan.

 

 

 

 

legimanmuhlis@sideka.id

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan