Suasana Kemarau Panjang Warga Desa Lengkong Pada mengambil Air Sumur Didekat Embung untuk Kebutuhan Sehari-hari

Lengkong, 14 September 2020.

Pada musim kemarau yang panjang, sumur-sumur sumber mata air berkurang dan air yang dikelola Pemerintah Daerah dalam hal ini PDAM sering mengalami kemacetan, maka masyarakat Desa Lengkong yang tidak mempunyai fasilitas PDAM dan tidak punya sumur sendiri selalu kesulitan mencari air untuk memenuhi kebutuhan misalnya untuk memasak, mencuci, mandi dan juga untuk minum.

 

Embung Desa Lengkong Batangan Pati

Saat ini masyarakat itu banyak yang ambil air sumur didekat Embung Desa Lengkong yang lokasinya di RT 05 RW 02 di sekitar areal sawah Bengkok Kepala Desa yang digunakan untuk Embung Desa untuk mengantisipasi kekeringan di musim kemarau seperti yang terjadi saat ini.

 

Warga menimba Air di Sumur sekitar Embung Desa

Embung ini bantuan dari BBWS Pemali Jratun  Provinsi Jawa Tengah Tahun 2008. Yang sekarang masih baik karena setiap ada kerusakan cepat diadakan perbaikan sehingga kondisinya saat ini baik.

 

Embung Desa Lengkong Batangan Pati

Masyarakat banyak yang membutuhkan, namun sayangnya Embung tidak dilengkapi dengan tower /menara air yang dinaikan dengan tenaga Disel, sehingga masyarakat ambil air tidak pakai timba melainkan dibuatkan pipa-pipa disalurkan ke rumah-rumah masyarakat yang dikelola Desa, sehingga Desa  juga berperan disini.

 

Warga mengambil air dengan cara menimba

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan