Rembug Desa Dalam Rangka Normalisasi / Laban /Kali Dan Pembuatan Jalan Produksi Desa Lengkong Batangan

Lengkong, 2 September 2020  ada kegiatan di Desa  Lengkong megadakan rembug Desa dalam rangka normalisasi  saluran tambak yang dkenal dengan nama Laban atau Kali atau sungai  dalam hal ini adalah Kali Surat yang akan di normalisasi  dengan bantuan dari Dinass Pekerjaan Umum ( PU )Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2020. Dalam pengerukan Kali Surat ini dengan panjang 2,3 km dan lebar Kali 5 m dengan anggaran Bantuan dari PU sebesar Rp 150.000.000; ( Seratus Lima Puluh Juta ).

Rembug Desa Lengkong dengan Petani Tambak

Rapat dibentuk kepanitian oleh Pemerintah Desa Lengkong  dan diputuskan bahwa yang jadi panitia adalah semuanya petani tambak yang berada dialiaran kali Surat agar pelaksanaan pengerukan sungai berjalan lancar dan yang tahu situasi kali atau laban Surat adalah orang yang mempunyai  lahan disekitar sungai Surat. Dalam rapat diputuskan Ketua,  Sekretari, Bendahara semuanyadari unsur petani tambak garam maupun petani tambak udang vanami. Dalam kegiatan ini Desa dibebani pembelian Glugu /balok pohoan Kelapa sebanyak 8 buah yang panjangnya 4 m.

Kali Surat  Desa Lengkong

Pembelian  glugu untun menopang alat berat eksavator / bego karena jalan yang dilalui sangat sempit  dan berupa tanah yang labil maka perlu bantuan glugu atau batang kelapa. Kali Surat ini setelah di normalisasi kerukan lumpur nantinya ditaruh dipematang tambak yang akan dibuat jalan produksi sepanjang aliran sungai Surat  denagan panjang 2,3 km dan Lebar 3m-4m. Sejak dulu jalan produksi memang di idam-idamkan para petani sebab pada musim tertentu petani tidak bisa mejual hasil panennya baik itu hasil garam maupun hasil ikan bandeng maupun udng vanami karena pada musim penghujan jalan berupa tanahh belumpur yang tidak daapat  dilalui kendaraan roda da apalagi roda empat karen jalan yang belum baik.

Jalan Produksi Desa Lengkong

Mulai hari ini pengerajaan pengerukan sungai /kali Surat  dimulai, dari penataan akses jalan yang akan dilalui alat berat karena jalan masih berupa tanah dan sangat sempit maka langkah pertama yang dilakukan operator Bego meratakan tanah mulai ujung jalan sampai pangkal menuju ke laut. Dan nantinya dari laut ke selatan sambil melakukan pengerukan sungi yang tanah hasil kerukan inilah yang dijadikan jalan produksi untuk para petani garam maupun petani ikan dan udang.

Alat Berat untuk Pengerukan Sungai Surat dan Jalan Surat

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan