Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar Yang Terintegrasi Dengan Tanaman Desa Lengkong KecamatanBata Kabupaten Pati

Lengkong,

Lengkong  18 Agustus 2020, di Desa Lengkong ada kegiatan kelompok tani budidaya ikan air tawar Ngudi Berkah yang beralokasi di Desa Lengkong RT 02 RW 03 Kecamatan Batangan Kaupaten Pati. Progam budidaya ini program integrasi yaitu lmbah dari pakan ikan nantinya ditaruh dalam bak penampungan tersendiri.

Yang dipakai menyirami tanaman polowijo maupun tanaman perkebunan karena limbah ikan air tawar ini mengandung pupuk organik yang dapat menyuburkan tanaman yang tidak mengandung zat-zat kimia. Dalam uraiannya nara sumber mengatakan bahwa tehnik budidaya terintegrasi ini adalah metode yang paling tepat pada saat ini .

Karena manfaat atau faedahnya dari budidaya integrasi sangat besar bagi petani maupun warga sekitar yang punya tananan yang lahannya berdekatan dengan lokasi budidaya integsrasi ini. Hal ini dapat dilihat dari segi sosial,  limbah ikan yang bercampur dengan air itu dibuatkan kolam penampungan tersendiri kemudian air limbah yang mengandung pupuk organik dapat dipakai menyiram tanaman sayur-sayuran maupun perkebunan.

Di tinjau segi ekonomi budidaya terintegrasi ini efesien dalam pembiayan namun hasilnya lebih besar dalam waktu relatif singkat. Segi lingkungan sangat ramah lingkungan karena limbahnya tidak merusak lingkungan malah justru sebaliknya  malah malah menyuburkan tanaman.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan