Surve Lokasi Untuk Pemetaan Lahan Mangrove Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati

Lengkong 3 Agustus 2020 

Desa Lengkong  Kecamatan Batangan Kabupaten Pati  ada kegiatan Surve Lokasi Pemetaan Mangrove  dari KKP (KEMENTRIAN  KELAUTAN PERIKANAN) Pusat gagal dialaksanakan disebabkan lokasi sepadan Pantai nya yang mau diadakan Pemetaan hancur diterjang gelombang   besar pada Bulan Juni sampai Juli tahun 2020 ini,  akibatnya lahan yang mau ditanami berubah menjadi  laut lagi.

Hal ini mengakibatkan tanaman pohon Mangrove sulit untuk hidup. Sudah bertahun- tahun sepadan pantai sebelah utara Desa Lengkong ditanami Mangrove baik jenis Rhizopora Sp maupun Avicennea .

Setelah ditanam hidup sekitar 1 tahun  tanaman mulai  bersemi hidup bagus. namun disayangkan kalau  gelombang pasang nya besar tanaman Mangrove nya ikut hancur. Hal inilah tanaman mangrove sulit berkembang di Pantai Utara Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati.

Tahun 2011 tumbuhan mangrove di Desa Lengkong sudah tumbuh subur dengan  lebar ke utara hampir 50 m dan sepanjang  2 km dan  sudah tumbuh lebat,  pada tahun 2014 ada gelombang pasang yang tinggi dan besar,  mengakibatkan tanaman yang begitu  lebat dan tinggi hancur tidak tersisa. Hal ini dikarenakan tanah  sepadan pantainya masih rendah mudah kena ombak  sehingga mudah abrasi dan  sedangkan kontur tanahnya lembek mudah hancur.

Tim Surve Dari KKP Pusat tinjau Lokasi Mangrove Desa Lengkong Batangan
Tim Surve Bertemu Kelompok Mangrove Alam Lestari dan Perangkat Desa Lengkong

Dan pantai yang agak curam  itu sebenarnya mudah digenangi lumpur maupun mudah hancur hilang kebawa air laut pada musim pasang yang tinggi.Dan harapan dari Pemerintahan Desa Lengkong agar Pemerintah Pusat memberikan bantuan berupa menahan gelobang hal ini senada yang diharapkan dari Kelompok  Tani Mangrove yang tergabung dalam kelompok TANI MANGROVE “BERKAH ALAM LESTARI” Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kabupaten Pati.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan