Cara Memanen Garam Dari Meja Garam Di Tambak Garam Rakyat Dengan Angkong ( Gerobak Dorong )

Lengkong,15 Juli 2020.

Desa Lengkong Kecamatan Batangan Kab Pati, para petani garam mulai panen garam hampir merata mulai pada panen, garam dari meja garam yang sudah waktunya  panen antara 6-7 hari dipanen menggunakan  namanya garuk ( alat untuk memanen garam ) yang terbuat dari kayu berupa papan yang diberi pegangan bambu untuk menarik garam.

Garam dikumpulkan ketepi pematang, setelah terkumpul diangkut memakai Angkong semacam alat yang dinamakan gerobak dorong  yang dibeli toko bangunan yang biasa menjualnya.

Garam dari meja garam tidak langsung dijual kepada Pedagang atau Pengepul melainkan diangkut ke gudang penyimpanan memakai Gerobak Dorong terlebih dahulu, biar kadar air dalam garam  tinggal sedikit  sekitar 5% Kadar Airnya.

Alat Gerobak Dorong

 

Garam  dari meja garam, garam  langsung diangkut dengan Angkong semacam gerobak dorong setelah terkumpul banyak  dan Kadar Airnya tinggal kurang lebih 5%, baru dijual kepada Pedagang atau Pengepul.

Alat yang namanya Angkong ( Gerobak Dorong ) ini sangat efektif sebagai alat bantu Petani tambak Garam untuk meringankan memindahkan garam dari meja garam sampai ke gudang penyimpanan yang ada dipematang tambak itu.

Dengan memakai alat bantu sperti Garuk semacam papaan kayu yang dilberi pagangan bambu di tengahnya dan Angkong ini Petani semakin ringan tenaganya dan semakin cepat selesai pekerjaannya.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan